Amazing FKM: Apresiasi bagi Kawan

Rilis Amazing FKM, 30 December 2020

Amazing FKM bermula dari sebuah acara bernama FKM Festival yang diadakan pada tahun 2014. FKM Festival merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh BEM IM FKM UI yang terdiri dari Amazing FKM dan Grand Closing BEM IM FKM UI. Amazing FKM bertujuan untuk mengapresiasi sivitas FKM yang sudah mengharumkan nama FKM melalui perlombaan-perlombaan seperti OIM, OLIMPIADE UI, UI Art War, Mahasiswa Berprestasi, dan ajang-ajang lainnya. Selain diisi dengan apresiasi, acara ini juga menampilkan pameran hasil karya mahasiswa FKM seperti fotografi, lukisan, mural, poster inspiratif, dan masih banyak lagi.

Amazing FKM 2014 ini membawakan tema dan tagline Rising Star, Reaching The Sky” sebagai ungkapan atas pencapaian tinggi yang telah dicapai oleh FKM UI. Pada tahun tersebut acara berlangsung pada tanggal 17 Desember 2014, dan berlokasi di Aula Gedung A Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dengan berbagai rangkaian acara yang meriah.

Tahun terus berlanjut, hingga pada tahun 2019 acara Amazing FKM diadakan kembali. Amazing FKM 2019 membawakan dan memiliki Tagline Feel the Night and Steal the Spotlight”. Dengan nuansa “The Oscar”, Amazing FKM 2019 mengibaratkan para kontingen, mahasiswa berprestasi, dan mitra sebagai para nominator dalam acara tersebut. Namun, ada satu hal yang membedakannya dengan The Oscar yaitu, pada Amazing FKM seluruh nominator tersebut akan mendapatkan penghargaan berupa apresiasi. Acara ini turut mengundang seluruh sivitas yang ada di UI, seluruh BEM se-UI, dan tentunya sivitas FKM UI itu sendiri. Amazing FKM 2019 telah diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2019, dan berlokasi di Balairung, Universitas Indonesia.

Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, Amazing FKM  kembali hadir sebagai acara tahunan BEM IM FKM UI. Dengan mengangkat konsep “A Thank You Party”, Amazing FKM tahun ini bertujuan untuk memberikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Prajurit Ungu (re: Mahasiswa FKM UI) yang telah membanggakan dan mengharumkan nama FKM UI lewat prestasinya. 

Membawa tagline Spread Out Your Inner Gold”, Amazing FKM 2020 juga berharap bahwa mahasiswa FKM UI dapat menggali segala potensi yang ada dalam dirinya untuk terus berprestasi dan membanggakan FKM UI. Tidak hanya itu, melalui Amazing FKM 2020 ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan orang lain yang sudah berhasil menjalani tahun 2020 ini dengan penuh rintangan, karenanya Amazing FKM 2020 tidak terbatas hanya dihadiri oleh mahasiswa FKM UI, melainkan dibuka secara umum untuk sivitas UI.

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan pada Balairung, perhelatan Amazing FKM tahun ini terkendala dengan adanya pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan Amazing FKM secara langsung di kampus. Namun hal ini tidak menjadi halangan untuk tetap terselenggaranya Amazing FKM 2020, sehingga Amazing FKM tahun ini dilaksanakan secara daring melalui kanal YouTube BEM FKM UI pada Sabtu, 19 Desember 2020 kemarin. Tentu yang menjadi menarik adalah selain mengapresiasi para mahasiswa FKM UI, Amazing FKM 2020 ini menyediakan hadiah ratusan ribu rupiah bagi para penonton yang beruntung serta menghadirkan bintang tamu spesial yakni Biru Muda. Hal ini terbukti dengan antusias para penonton yang sangatlah tinggi, dapat dilihat pasca acara bahwa dalam hitungan kurang dari 24 jam sudah mendapatkan sekitar dua ribu viewers.

 

Teks: Rilis Amazing FKM
Foto: Amazing FKM
Editor: Nada Salsabila

Pers Suara Mahasiswa UI 2020
Independen, Lugas, dan Berkualitas