Haikyuu!!: Terbang dalam Olahraga

Irene Paramitha, 26 June 2020

Judul: Haikyuu!!
Genre: Sport, Komedi
Produser: Haruichi Furudate, Susumu Mitsunaka
Pengisi Suara: Ayumu Murase, Kaito Ishikawa.
Tahun Rilis: 2014—sekarang
Jumlah Episode: 72

Diawali dengan serial manga karya Haruichi Furudate, serial anime Haikyuu!! telah berjalan sejak 2014 hingga kini. Serial tersebut menceritakan karakter bernama Hinata Shoyo, seorang pemula dalam permainan bola voli, yang terinspirasi alumni Karasuno High School dengan sebutan “The Little Giant”. Dia berjuang untuk memenangkan pertandingan bola voli SMA hingga ke tingkat nasional bersama kawan satu timnya di Karasuno High School. Melihat alur cerita, tidak ada yang spesial dari serial anime tersebut, tetapi mengapa Haikyuu!! mendapatkan perhatian lebih dari penonton dan juga telah memenangkan penghargaan ternama?

Serial Haikyuu!! menceritakan perjuangan Hinata Shoyo bersama teman dan rivalnya, Kageyama Tobio, dan teman lainnya dalam memperjuangkan tim voli Karasuno untuk kembali memenangkan pertandingan regional hingga ke pertandingan nasional. Cerita tidak hanya berfokus kepada Karasuno, tetapi juga tim-tim lain yang terlibat seperti Aoba Johsai, Nekoma, dan Shiratorizawa, di mana penonton akan mendapatkan perspektif lain, tanpa harus berasumsi mengenai watak dari karakter. Hal ini juga menyebabkan cerita tidak memiliki satu pun karakter antagonis karena penonton dapat mengerti motif dari setiap karakter pada serial tersebut. Kontras antara Hinata dan Kageyama serta kerja sama mereka yang terus menumbuhkan rasa penasaran bagi para lawan main mereka mampu menarik perhatian penonton yang lebih. Selain itu, cerita berfokus pada Hinata yang memiliki kemampuan bermain yang lemah, tetapi stamina yang luar biasa, serta Kageyama dengan pengalaman dan kemampuan bermain yang tergolong tinggi, didukung dengan motivasi dan semangat mereka untuk mencapai kemenangan. Sentimental kedua karakter tersebut memengaruhi penonton yang ikut mendukung perjuangan mereka, serta karakter dan tim lainnya. 

Hinata dan Kageyama dikenal dengan pemain freak quick, yaitu kecepatan pukulan bola dan lompatan oleh Hinata yang didukung akurasi lemparan bola dari Kageyama, di mana slogan tim Karasuno “Fly” berasal. Dalam kehidupan nyata, permainan bola voli sangatlah cepat sehingga para penonton kesulitan untuk mengikuti pergerakan bola dan para pemain. Dalam serial Haikyuu!!, pergerakan diperjelas dengan permainan animasi, kecepatan, dan efek visual. Hal ini merupakan hal yang spesial dan unik dari serial anime Haikyuu!!. Soundtrack dan musik pada serial Haikyuu!! juga mendukung suasana cerita secara keseluruhan. Penonton yang sebelumnya tidak tertarik akan permainan voli sekalipun langsung terikat pada serial tersebut berkat animasi serta pergerakan karakter dan bola yang terkesan menyenangkan dan jelas. 

Haikyuu!! juga menunjukan diversitas karakter dan tidak selalu fokus pada karakter utama. Berlatar di Jepang, tidak sedikit karakter yang memiliki latar belakang negara asing atau sejarah masa lalu yang rumit. Perkembangan karakter dalam serial tersebut juga konstan sehingga cerita terus berkembang lebih baik. Alur ceritanya yang menyenangkan dan humoris menjadikan para penonton semakin tertarik dengan serial tersebut, walaupun jeda antara season 3 dan season 4 mencapai empat tahun. Penonton juga mendapatkan edukasi mengenai olahraga voli seiring dengan mengikuti cerita, seperti peraturan permainan, posisi, hingga berbagai teknik dan strategi dalam permainan voli.

Tim Produksi sempat merilis Haikyuu!! Radio dengan pengisi suara Hinata Shoyo, Ayumu Murase, dan Kageyama Tobio,  Kaito Ishikawa, sebagai pembawa acara dikarenakan popularitas serial anime tersebut yang kian melambung. Selain itu, terdapat pertunjukan teater di Jepang yang mengikuti serial tersebut dengan pemeran Suga Kenta sebagai Hinata Shoyo dan Kageyama Tobio yang diperankan oleh Kimura Tatsunari. 

Serial anime Haikyuu!! sangat direkomendasikan bagi penonton yang belum pernah menonton serial anime sport. Kini, Haikyuu!! sudah berjalan selama 4 season, namun kelanjutan dari season 4 dikabarkan tertunda karena pandemi Covid-19.

 

Teks: Irene Paramitha
Foto: Istimewa
Editor: Ruth Margaretha M.

Pers Suara Mahasiswa UI 2020
Independen, Lugas, dan Berkualitas!