K-ON!!: Persahabatan di Balik Musik

Irene Paramitha, 11 September 2020

Judul: K-ON!!
Genre: Music, Slice of Life, Comedy, School
Produser: Naoko Yamada
|Pengisi Suara: Aki Toyosaki, Yoko Hikasa
Tahun Rilis: 2009–2010
Jumlah Episode: 13

Persahabatan di masa sekolah sudah kerap menjadi tema dari serial animasi Jepang, salah satunya adalah anime karya Naoko Yamada yang berjudul K-ON!!. Anime ini menceritakan kehidupan di SMA Sakuragaoka di Jepang. Empat siswi di sekolah tersebut mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang terancam ditiadakan oleh sekolah. Serial adaptasi dari manga karya Kakifly ini mengandung berbagai makna persahabatan dan perjuangan kecil di usia remaja. Singkatnya, anime komedi tersebut menceritakan empat siswi SMA yang bertemu dari ekstrakurikuler musik di sekolah mereka. Masing-masing personil menunjukkan kepribadian yang kuat serta, uniknya, tidak ahli dalam bidang musik. Sembari belajar dan bekerja sama, keempat sahabat tersebut berkenalan dengan siswa lain yang berkutik di bidang musik.

K-ON!! sendiri berasal dari kata berbahasa Jepang, yaitu keiongaku (軽音楽) yang artinya musik ringan, atau musik pop dalam konteks bahasa Jepang. Serial tersebut terasa hangat dan menyenangkan. Penonton tentunya akan merasakan emosi yang dituangkan oleh masing-masing karakter. Anime dari Kyoto Animation ini disukai oleh semua kalangan umur dikarenakan alur ceritanya yang menyenangkan, tetapi makna yang kompleks di balik perkembangan karakter dan suasana dalam film.

Selain empat karakter utama, Yui Hirasawa, Mio Akiyama, Ritsu Tainaka, dan Tsumugi Kotobuki, mereka bertemu dengan teman baru lainnya seiring persiapan mereka dalam menjalankan dan memperjuangkan klub ekstrakurikuler mereka. Hal lainnya yang menciptakan suasana menarik dalam film ini adalah ketidaktahuan mereka dalam bidang musik. Penonton, terutama mereka yang tidak berpengalaman dalam bidang musik, akan merasa tersentuh dan berada di posisi yang sama dengan karakter yang baru saja mempelajari musik demi memperjuangkan klub mereka. 

Reputasi Kyoto Animation sudah terbilang istimewa. Tentunya, animasi ini menjadi pilihan para penggemar serial animasi Jepang. Suasana yang ringan, menyenangkan, serta mudah menyentuh hati penonton, membuat animasi ini cocok dijadikan tontonan di waktu senggang atau jika penonton sedang mencari film animasi yang ringan dan lembut. 

Teks: Irene Paramitha
Foto: Istimewa
Editor: Ruth Margaretha M.

Pers Suara Mahasiswa UI 2020
Independen, Lugas dan Berkualitas!



include('analytics') @