Konser Virtual Kansas Buka Lagi: Wujud Solidaritas Sekaligus Apresiasi Diri

Rifki Wahyudi, 07 November 2020

 

Telah berlangsung konser virtual yang bertajuk Kansas Buka Lagi Vol. 1 pada Sabtu, 7 November 2020  dimulai pada pukul 14.00 WIB. Konser ini merupakan lanjutan dari inisiatif dua alumni FIB UI, Geri Irawan dan M. Trishadi Pratama dalam membuat gerakan #KansasBukaLagi. #KansasBukaLagi merupakan wujud solidaritas segenap warga FIB terhadap pedagang di kantin sastra UI (Kansas) yang terdampak pandemi.

Konser Kansas Buka Lagi Vol. 1 menampilkan band-band yang biasa tampil di panggung FIB UI sebelum pandemi, yaitu Skastra, The Bobrocks, Orkes Hamba Allah, dan Sudhobool. Berlangsungnya konser ini juga sebagai dorongan untuk semuanya agar tetap semangat menjalani situasi sulit saat ini.

Selain mengobati rasa rindu para mahasiswa terhadap band-band yang kerap mengisi gigs di FIB UI, konser ini juga merupakan wujud solidaritas penggalangan dana untuk warga FIB sekaligus apresiasi terhadap perjuangan bagi semua yang mampu bertahan hingga saat ini di tengah ketidakpastian pandemi. 

Hani Nastiti, mahasiswi FIB UI 2018, merasa acara ini membawa nostalgia suasana di Kantin Sastra (Kansas) dan segala keramaian semester ganjil di FIB UI. “Seru sih, di awal acara kan ada sharing tentang cerita kansas juga. Apalagi ada guest star band yang biasanya tampil di FIB juga. Kan biasanya hampir setiap Jumat malam ada acara,” ujarnya.

Para warga FIB UI ataupun non-FIB juga dapat melakukan donasi untuk membantu perjuangan para pedagang Kansas beserta 200 mahasiswa aktif FIB UI. Donasi dapat dilakukan melalui memindai QR Code yang tertera di tampilan live streaming kanal Youtube Kansas Buka Lagi atau melalui tautan https://kitabisa.com/campaign/kansasbukalagi. Terhitung sejak pukul 13.00 WIB, 8 November 2020, donasi sudah terkumpul  hingga Rp17.814.852.

Dana donasi yang dikumpulkan akan dialokasikan untuk membantu 25 pedagang yang terhitung sudah 6 bulan tidak mendapat pemasukan. “Keren banget bisa sekalian donasi buat pedagang kansas juga,” tambah Hani.

Diberlakukannya social distancing telah memberikan batasan terhadap kegiatan setiap orang, tentunya banyak orang yang rindu untuk berkarya atau sekadar menyapa fans mereka, tak terkecuali para musisi. Konser ini dipilih sebagai akses menjangkau warga FIB UI secara lebih luas lagi dalam menikmati musik.

Adanya Konser Virtual Kansas Buka Lagi telah menjadi ajang untuk melampiaskan hasrat para musisi dalam menampilkan karya sekaligus menyapa para penonton setia mereka seperti sebelum pandemi.


Teks: Rifki Wahyudi
Editor: Faizah Diena
Ilustrasi: Nada Salsabila

Pers Suara Mahasiswa UI 2020
Independen, Lugas, dan Berkualitas!