Abraham Samad dan Bambang Widjajanto Tanggapi Dukungan ILUNI UI

Thursday, 19 February 15 | 01:09 WIB

Rabu (18/2) lalu, di Kompleks Istana Kepresidenan, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres), memberhentikan sementara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto selaku pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Abraham menjadi tersangka kasus pemalsuan dokumen, sedangkan Bambang Widjojanto diduga terlibat kasus pemberian keterangan palsu oleh saksi dalam sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah Kotawaringin Barat. Presiden kemudian menunjuk Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Johan Budi sebagai pimpinan KPK sementara.

Kemudian, di hari yang sama, puluhan perwakilan Ikatan Alumni (ILUNI) dan mahasiswa UI serta perwakilan alumni beberapa universitas mendatangi gedung KPK sebagai bentuk penolakkan terhadap kriminalisasi. (Baca :Alumni dan Mahasiswa UI Tolak Dugaan Kriminalisasi atas KPK).

Membantah tuduhan tersebut, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menganggap bahwa struktur, kewenangan, dan kinerja KPK sedang terganggu oleh kelompok-kelompok kepentingan.

“Siapapun yang membela KPK, siap-siap dijadikan tersangka. Kami akan tetap berguna menjadi penegak kemaslahatan publik,” ujarnya di Auditorium Gedung KPK pada pukul 16:00 WIB.

Menanggapi dukungan yang diberikan oleh sejumlah perwakilan alumni universitas-universitas dan mahasiswa, Bambang mengatakan, “Ketika episentrum korupsi disentuh, pasti pukulan baliknya ada. Dengan dukungan publik dan intelektual, KPK bisa diselamatkan.”

Abraham Samad, selaku Ketua KPK yang turut hadir sore itu, juga membantah tuduhan yang diberikan kepadanya.

“Apa yang ditujukan kami sama sekali tidak benar. Saya akan berjuang terus dari korupsi-korupsi negeri ini,” tuturnya.

Dalam pertemuan itu, Bambang juga menyampaikan rencana KPK dalam meningkatkan upaya memerangi korupsi. “Tahun ini kami akan pergi ke kampus-kampus berkualitas dan merekrut penyelidik. Karena kami ingin penyidik KPK berasal dari institusi-institusi terbaik,” ujar Bambang.

Melati Suma Paramita

Dara Adinda Kesuma

Foto: Diah Desita

Komentar



Berita Terkait

Sisi Kehidupan Kala Menimba Ilmu di Negeri Orang
BEM se-UI Mengecam Aksi Teror Anti Pemberantasan Korupsi
Tanggapi Kasus Terorisme, UKM Kerohanian UI Adakan Doa Untuk Negeri 
Infografis: UI Satu Sikap Bergerak Tolak Korupsi