Aksi Kamisan ke-537 Angkat Isu RKUHP dan UU MD3

Monday, 26 February 18 | 08:26 WIB

Aksi Kamisan (22/2) di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat bertujuan  mengangkat isu UU MD3 dan RKUHP yang telah disepakati oleh BEM se-UI agar diangkat di Aksi Kamisan ke-527 ini, “Nah, katanya Kamis ini (Kamisan – red) yang ke-527, BEM se-UI sepakat sama Aksi Kamisan buat ngangkat isu UU MD3 dan RKHUP buat kita saling bersolidaritas dan bukan hanya mahasiswa, tapi juga masyarakat biar menyuarakan ke presiden, dan di aksi ini kita juga ngasih surat ke presidennya,” ujar Fuad selaku Ketua BEM FISIP UI 2018.

BEM se-UI juga mendesak agar Mahkamah Konstitusi segera membatalkan keputusan DPR tentang UU MD3 tersebut. Adapun isu ini juga akan tetap dikawal sampai tuntutan terpenuhi, yaitu pembatalan RKUHP yang dianggap ngawur dan UU MD3, “Mengenai judicial review, dalam waktu dekat akan melakukan aksi di depan MK. Untuk waktu belum ditentukan.” ujar Fachri selaku Wakil Kepala Departemen Kajian dan Strategi (Kastrat) BEM UI 2018.

Fachri Muchtar juga menyatakan bahwa UU MD3 dan RKUHP mengancam kebebasan berpendapat dan iklim demokrasi di Indonesia. Senada dengan hal tersebut, Difa Shafira, Kepala Departemen Kastrat FH UI mengatakan bahwa DPR yang anti kritik membuat masyarakat akan turun kepercayaannya, “Rezim ini akan mungkin dicap sebagai rezim yang masih merosotkan kepercayaan publik,” ujar Difa.

Di lain pihak, Fuad menjelaskan apabila terdapat kriteria penghinaan yang dikeluarkan dan disahkan, BEM se-UI akan menganalisisnya lebih lanjut dan berkonsultasi dengan orang-orang yang ahli pada bidang tersebut, “Kalau misalnya memang dirasa cukup dan sesuai, kami akan bersikap yang sesuai tapi kalau misalnya tetap bertentangan, kami akan tetap menolak,” jelasnya.

“Harapannya kami gak terpisah, juga ini gerakan mahasiswa. Gerakan yang masyarakat lain tapi kami emang gabung sama aliansi (masyarakat – red) itu. Pokoknya selama aliansi masyarakat tuh masih tetap menolak ini (UU MD3 dan RKUHP – red), memperjuangkan mati-matian,” jelas Fuad mengenai harapannya di balik Aksi Kamisan tersebut.

Teks: Aniesa Rahmania Pramitha Devi dan Grace Elizabeth Kristiani

Foto: Diana dan Nova Suyanti

Editor: Kezia Estha T.

Komentar



Berita Terkait

Zico-Josua: UU MD3 Bukan Sekadar Masalah Praktik
Sidang Kedua, MK Sahkan Permohonan JR Zico dan Josua
Judicial Review, Aksi Nyata Zico dan Josua Gugat Revisi UU MD3