Aksi Pencopetan Saat Wisuda, PLK Sudah Melakukan Penjagaan Optimal

Tuesday, 23 September 14 | 08:12 WIB

Menanggapi maraknya aksi pencopetan saat wisuda UI tanggal 29 dan 30 Agustus kemarin, Kepala Staf Operasional Bidang Monitoring dan Patroli Pembinaan Lingkungan Kampus UI (PLK UI), Supriyono mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan penjagaan yang optimal.

“Untuk acara sebesar wisuda kami mengerahkan personel penuh. Kami bahkan memanggil personel yang sedang libur dan tidak bertugas,” katanya saat ditemui di kantornya, (17/9).

Supriyono menjelaskan penjagaan yang dilakukan PLK saat wisuda kemarin dilakukan dalam tiga lapis. Ring satu, yaitu mensterilkan area balairung agar bebas dari pedagang. Ring dua, penjagaan pada koridor VIP untuk Rektor UI, Dekan Fakultas dan lain-lain. Terakhir penjagaan dilakukan terhadap lalu lintas akses keluar masuk Balairung UI.

“Mungkin dalam kasus pencopetan saat wisuda kemarin PLK jadi pihak yang bisa disalahkan. Kami menerima kritik dan masukan atas penjagaan kami, tapi kami tak mau disalahkan sepenuhnya,” katanya.

Pihaknya meninjau terdapat faktor lain yang menyebabkan kejahatan di UI tetap terjadi seperti pencopetan wisuda kemarin. Menurutnya, meskipun ada kabar banyak korban pencopetan tapi tidak ada satu pun yang melapor ke pihaknya. “Sama sekali tidak ada laporan dari siapa pun kepada kami.”

Tidak adanya laporan menunjukan para korban enggan untuk mengurus kasus pencopetan ini karena dianggap hanya menghabiskan waktu. “Seperti halnya saat kami menangkap seorang wanita di bis kuning yang mencopet dua telepon genggam, para korban tidak melapor dan mengambil barangnya tanpa melayangkan tuntutan terhadap tersangka”, tambah Supriyono.

Sikap korban seperti inilah yang menurut Yono, membuat tindak kriminal di UI terus terjadi. “Jadi kurang menimbulkan efek trauma pada tersangka dan efek takut pada orang yang berniat melakukan kejahatan di UI,” tandas Yono.

PLK sendiri dalam kesehariannya melakukan tugas pengamanan di sekitar UI. Tugas mereka diantaranya melakukan pengawasan di lingkungan UI, patroli keamanan, bekerjasama dengan pihak fakultas seputar keamanan kampus dan menjaga keamanan saat acara besar seperti Wisuda.

Foto & Teks: Yogi Febri Setiawan

Komentar



Berita Terkait

Untuk Keamanan, Perpustakaan UI Tempatkan Mesin Pemindai
Mempertanyakan Arti Rupawan
Tiga Faktor Maraknya Aksi Pencopetan di Wisuda UI
Maraknya Aksi Pencopetan di Wisuda UI