Aliansi UI untuk Demokrasi Buka Posko Tolak UU Pilkada

Monday, 06 October 14 | 08:40 WIB

Aliansi yang terdiri dari BEM FISIP UI, BEM FIB UI,  Semar UI, UI LDSC, Siaga FISIP UI, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik UI dan HMI FISIP UI itu,  sejak Kamis (2∕10) lalu, telah membuka Posko Tolak UU Pilkada sebagai wadah aspirasi politik  menolak UU Pilkada yang telah  diputuskan beberapa waktu lalu.

“Kami menolak neo-Orba (Orde Baru-red) dan praktik-praktik oligarki pemerintahan,” ujar Bayu B. Febianto selaku Kepala Divisi Kajian BEM FIB UI, saat ditemui di posko di FIB Jumat (3∕10).  Ia menambahkan bahwa gerakan aliansi ini adalah gerakan kolektif yang sama-sama menolak UU Pilkada.

M.Trishadi Pratama, selaku Kepala Departemen Kajian Aksi dan Strategis BEM FIB UI, menuturkan melihat animo yang besar terkait polemik UU Pilkada dan posko Tolak UU Pilkada ini dimaksudkan sebagai wadah aspirasi politik  mahasiswa terhadap UU Pilkada.

Sementara itu, Pibo Dimas Perdana, selaku Penanggung Jawab Posko Tolak UU Pilkada  saat ditemui Jumat (3∕10) di Posko FISIP, menyebutkan, ”Data yang nanti terkumpul akan dijadikan database dan kemungkinan juga digunakan sebagai data Judicial Review ke MK,” ungkapnya.

Menurut data yang didapat suaramahasiswa.com  di hari kedua pembukaan, di Posko FIB sudah mencapai 200-an mahasiswa yang berpartisipasi, sedangkan di FISIP sudah mencapai 180-an. Selain itu, posko Tolak UU Pilkada juga terdapat di Taman Lingkar Perpustakaan UI dan Stasiun  UI.

“Untuk jumlah data di Posko Stasiun UI dan  Taman Lingkar Perpusat UI belum kami cek. Kedua posko tersebut  baru kami buka hari ini,” tutur Pibo. Ia menambahkan Aliansi UI untuk Demokrasi tersebut, telah berkonsolidasi dengan Perludem dan Pusat Kajian Politik UI dan rencananya dalam waktu dekat Aliansi ini akan memperluas gerakannya.

Untuk mendukung  Pemilihan Kepala Daerah secara langsung , mahasiswa  dapat menunjukkan KTP lalu mengisi formulir Dukungan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung.

Selain mahasiswa, ia menuturkan beberapa dosen juga ikut memberikan dukungan terhadap penolakan UU Pilkada. Rencananya Posko akan dibuka sampai jum’at (10∕10).

Anggino Tambunan

Komentar



Berita Terkait

Gerakan Rakyat Berdaulat Tolak Pilkada Tidak Langsung
Tolak Pilkada Tak Langsung, BEM UI Siap Gelar Aksi Lebih Besar
OKK UI 2014: Kita UI!
PO Pemira IKM UI 2014 Telah Terpilih!