Bantu Negara Hemat Energi 43 Triliun, IYFREE Dukung “Gerakan Potong 10 Persen”

Monday, 16 May 16 | 05:04 WIB

Kaum muda yang tergabung dalam Indonesia’s Youth Forum for Renewable Energy and Energy Efficiency (IYFREE), mendukung penuh program pemerintah yang diinisiasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menggalakan kebiasaan hidup baru hemat energi.

Pada peluncuran “Gerakan Potong 10 Persen” yang dihelat di acara Car Free Day sepanjang Jalan M.H. Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia kemarin (15/5), IYFREE berkesempatan turut menghimbau anak muda di seluruh Indonesia untuk mendukung program tesebut.

“Kami berharap progam Gerakan Potong 10 Persen ini bisa menjadi aksi nasional karena target pengematan konsumsi energi hingga 10 persen tidak mungkin tercapai dengan baik bila tidak didukung dengan aksi nyata oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” tutur Enbun Marufah, Sekjen IYFREE di Gedung Kementerian ESDM, Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Kampanye “Gerakan Potong 10 Persen” dicanangkan untuk memberi dampak signifikan, cepat, dan tepat dalam menyelesaikan problema pengelolaan energi di Indonesia hari ini. Hal itu karena dinilai dapat membantu negara berhemat hingga 43 triliun rupiah.

Enbun mengatakan, sejalan dengan pernyataan yang disampaikan Menteri ESDM, Sudirman Said pada kesempatan yang sama, apabila gerakan ini bejalan, pemerintah akan sangat diuntungkan.

Berdasarkan data tahun 2014, penghematan hingga 10 persen konsumsi energi nasional setara dengan 17.411 GWh. Hal itu sama artinya, menghemat pembangunan 32.000 MW Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) baru senilai Rp43,2 triliun rupiah.

Aksi Nyata Hemat Energi

Guna membantu memastikan keberhasilan program tersebut, Enbun mengajak seluruh pemuda di Indonesia melakukan aksi nyata mulai dari perihal sederhana dengan melakukan “3M” yaitu “Mencabut Kabel”, “Mematikan Lampu”, dan “Menaikan Suhu” Air Conditioner (AC) ke 25 derajat celcius.

“Cabut Kabel dari stop kontak, matikan lampu-lampu yang tidak gunakan, dan biasakan menaikan suhu AC pada suhu 25 derajat celcius. Jangan boros lagi, mari memulai dari hal yang kecil, dan dimulai dari diri sendiri,” ujar mahasiswi tingkat akhir jurusan Bioteknologi Universitas Al Azhar Jakarta tersebut.

IYFREE akan membantu pemerintah melakukan kampanye dan sosialisasi penerapan gaya hidup hemat energi secara masif di 12 provinsi dan 20 kota.

Pihaknya menarget 5 juta anak muda yang tersebar di wilayah dengan konsumsi listrik terbesar, yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Kalimantan Timur, dan Riau.

“Kami akan bergerak untuk melakukan aksi, kampanye, dan sosialisasi ke 12 provinsi yang ternyata meraup hingga 90 persen konsumsi energi nasional tersebut, secara independen dengan dukungan dari berbagai pihak dan koneksi yang kami miliki,” pungkas Enbun.

Teks: Lsn

Foto: Dokumentasi IYREE

Editor: Frista Nanda Pratiwi

Komentar



Berita Terkait