Bawa Nilai Integritas, Satria Adhitama Sukma Bakal Maju Ketua DPM UI

Wednesday, 07 November 18 | 06:36 WIB

Nilai integritas yang dibawa oleh Satria Adhitama Sukma selaku Calon Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Universitas Indonesia (DPM UI) 2019 perwakilan dari Fakultas Hukum (FH) UI ialah jujur, berwibawa, dan dapat dipercaya oleh publik.

Menanggapi hal tersebut, salah satu panelis yaitu Panji Sahid berbagi cerita pengalamannya mengenai nilai integritas seperti pada kasus untuk menegakkan permasalahan status Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) di FH UI.

Panji melanjutkan paparannya bawah hal itu tidaklah mudah karena banyak pihak yang pro kontra dan memberi tekanan kepada Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FH UI di masa itu. Maka, Panji bertanya kepada Tama mengenai bagaimana ia mengimplementasikan integritas tersebut dalam kaitannya dengan status IKM UI dan bagaimana bila suatu saat terjadi hal yang ingin diperjuangkan oleh Tama berbeda dengan hasil survei aspirasi dari publik UI.

“Di sini posisinya adalah kita coba benar-benar menggali, benar-benar coba melihat bagaimana bisa keputusan ini bisa berdiri. Kenapa bisa dibuat aturan seperti ini. Tapi yang menjadi masalah adalah bagaimana orang-orang (mahasiswa -red) mengetahui sebenarnya apa sih aturan itu? Mengapa aturan itu bisa ditegakkan? Dan di situlah adalah proses kita, proses kita untuk menyampaikan. Jadi kita tidak berubah dengan sikap integritas kita. Kita tetap memegang nilai integritas kita. Kita di sini harus terbuka dengan pemikiran orang-orang. Dan akhirnya DPM UI memiliki kepercayaan meningkat,” tanggap Satria.

Selain itu, Tama juga menginginkan adanya pendekatan yang lebih persuasif kepada lembaga-lembaga kemahasiswaan tingkat UI lainnya sehingga timbul kesan DPM UI tidak hanya sebagai badan pengawas saja.

“Kita harus bisa buktikan, dari situ kita sebagai anggota ataupun DPM UI secara keseluruhan benar-benar membuat kebijakan yang tahu resikonya apa, tapi tahu apa yang kita tuju dan apa yang akan kita capai bila konsisten,” tuturnya.

Adapun Tama juga mengatakan di eksplorasi yang berlangsung di Fakultas Hukum (FH) UI kemarin bahwa dirinya berencana untuk maju sebagai Ketua Umum DPM UI 2019, “Di sini saya sekaligus minta izin kepada IKM FH UI dan DPM UI itu sendiri, saya berencana mau menjadi Ketua (Umum -red) DPM UI (2019 -red),” jelasnya.

Disisi lain, Tama juga mengusulkan pembentukan divisi baru yang akan dibangun ialah Divisi Pengembangan Kompetensi Hukum, yaitu divisi yang berfokus pada pembuatan kurikulum yang secara aktif akan mengadakan kegiatan baik FGD (Focus Group Discussion) atau sosialisasi yang dapat menopang keilmuan dari anggota DPM UI.

Adapun panelis yang hadir pada Pemira IKM UI 2018 sesi Calon Anggota DPM UI 2019 ialah Panji Sahid selaku Ketua Umum BPM FHUI 2018u , Ilham Satria selaku Ketua Komisi Hukum DPM UI 2018, dan M. Abdoel Aziz selaku mantan Ketua Komisi Kemahasiswaan BPM FH UI 2016.

 

 

Teks: Kezia Estha T.
Foto: Kezia Estha T.
Editor: Halimah Ratna Rusyidah

Pers Suara Mahasiswa UI 2018
Independen, lugas, dan berkualitas!
#PEMIRAIKMUI2018

Komentar



Berita Terkait

Paslon BEM UI 2019 Paparkan Alasan Penggabungan dan Pemisahan Kastrat-Akprop dalam Rencana Kepengurusan
Calon MWA UI UM 2019 Garisbawahi Urgensi Pembangunan RSPUI
Eksplorasi di Farmasi, Calon Anggota MWA UI UM 2019 Janjikan Dua Hal Ini
Perihal Isu RUU Farmasi, Kedua Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI Siap Mengawal