Bedah Kampus Universitas Indonesia 19: Semarakkan Angan!

Sunday, 15 December 19 | 09:52 WIB

Bedah Kampus Universitas Indonesia 19 atau yang dikenal dengan BKUI19 merupakan acara yang diadakan di Balairung, Universitas Indonesia pada Tanggal 7 dan 8 Desember 2019. Acara yang mengusung tema “Pengalaman” ini dihadiri oleh 16.000 pelajar dari berbagai SMA baik di sekitar maupun di luar Jabodetabek. Dengan diusungnya tema ini, BKUI19 dapat menjadi sarana bagi para pelajar SMA untuk merasakan bagaimana keseharian seorang Mahasiswa UI. Dengan demikian, pelajar diharapkan akan mendapatkan gambaran akan dunia perkuliahan melalui informasi yang disampaikan di BKUI19 ini. Kira-kira apa saja sih keseruan di acara ini? Yuk, kita simak!

1. BEDAH UNIVERSITAS

Bedah Universitas merupakan talk show inspiratif yang mendatangkan alumni maupun mahasiswa UI yang akan membagikan pengalamannya mulai dari perjuangan untuk masuk UI hingga menitih karir di dunia kerja. Beberapa diantaranya adalah Rini Febriani, M.Si, Bellinda Putri, Andre Rahadian, Rizal Ariansyah, Muhammad Syaeful Mujab, Manik Margamahendra, Cania Citta Irlanie, Harry Aprianto Kissowo, Vadie Akbar Kalimata, dan Arief Budhy Hardono.

Rini Febriani M.Si
Beliau adalah Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia. Dalam talk show, beliau membahas berbagai macam program yang ada di UI, mulai dari program S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan Pendidikan Vokasi. Tak lupa beliau membahas masalah biaya perkuliahan di UI itu ternyata tidak semahal yang orang kira selama ini, melainkan dapat disesuaikan dengan kemampuan orang tua calon mahasiswa baru. Selain itu, di UI juga banyak terdapat beasiswa yang pendaftarannya sangat mudah hanya dengan membuka website saja. Terakhir beliau menekankan bahwa, semakin banyak kita mengikuti jenis tes masuk UI, maka semakin besar juga peluang untuk dapat menjadi mahasiswa Universitas Indonesia.

Bellinda Putri
Siapa yang tidak kenal dengan kak Bellinda? Seorang beauty vlogger yang merupakan alumni dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Meskipun kini terjun di dunia skin care, kak Bellinda melanjutkan pendidikannya hingga mencapai gelar S2 di salah satu dari 5 universitas terbesar di Australia dan mendapat predikat lulusan terbaik dari program kelas internasional Universitas Indonesia. Selain berkecimpung di dunia vlogging, kak Bellinda bekerja sama dengan seorang dokter untuk membuat sebuah buku tentang mental health. Kak Bellinda menegaskan bahwa menjalankan hobi itu boleh saja asal dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, namun kita juga harus menjaga ilmu yang telah kita pelajari agar tidak hilang karena selama potensi dalam diri kita dapat dikembangkan, maka kembangkanlah.

Andre Rahadian
Beliau merupakan alumni Fakultas Hukum UI angkatan 1991. Kini beliau dipercaya sebagai Ketua ILUNI UI atau Ikatan Alumni UI periode 2019-2022. Menurut beliau, salah satu keuntungan dapat berkuliah di UI adalah lingkungan yang bagus  untuk meningkatkan motivasi belajar. Selain itu UI juga memiliki network atau koneksi yang kuat antar alumni, baik yang sudah senior maupun alumni muda. Untuk menjaga dan memperkuat ikatan antar alumni tersebut, ILUNI mengemas database para alumni dalam bentuk aplikasi dan mengadakan acara bulanan untuk alumni muda dan mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan dampak dalam menjalani kehidupan pasca kampus. 

Rizal Ariansyah
Kata Pelindo atau Pelabuhan Indonesia pasti sudah tidak asing di telinga kita. Rizal Ariansyah merupakan seorang alumni Fakultas Hukum UI angkatan 1991 yang kini menjabat sebagai direktur di PT Pelindo II (Persero). Beliau memaparkan bahwa ketika kita memasuki dunia kampus maka kita harus merubah pola pikir kita dari siswa menjadi mahasiswa. Mahasiswa adalah seseorang yang dapat menuntun dirinya sendiri dalam mencari nilai tambah diri kita, baik berupa softskill maupun mental. Mahasiswa dapat belajar tentang kehidupan melalui organisasi karena organisasi dapat membuat jiwa individualistik seseorang berubah menjadi jiwa-jiwa yang dibutuhkan untuk berkolaborasi.

Manik Margamahendra
Siapa yang tidak kenal dengan sosok viral saat aksi mahasiswa tanggal 24 September 2019 ini? Beliau merupakan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2015 dan Ketua BEM UI 2019. Bang Manik atau Arga, panggilan akrabnya, mengatakan bahwa jika kita ingin memasuki suatu perguruan tinggi maka berjuanglah sekuat tenaga karena tidak ada kemenangan tanpa persiapan. Beliau mengingatkan, dalam berkontribusi, kita harus tetap menjadi manusia yang baik karena kita semua punya ruang untuk berekspresi dan punya ruang untuk menjadi diri kita sendiri.

Harry Aprianto Kissowo
Beliau merupakan alumni Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Bang Harry adalah seorang entrepreneur yang bergerak dalam bidang Elektronik. Beliau menghasilkan sound system yang kualitasnya sudah diakui oleh dunia internasional. Beliau mengatakan bahwa pelajaran-pelajaran sulit yang diterima selama masa perkuliahan itu sebenarnya berguna untuk mengubah pola pikir kita saat terjun di dunia kerja. Proses belajar mengajar selama 4 tahun yang kita lalui akan membuat otak kita dapat berfikir lebih cepat daripada orang yang belum merasakan bangku kuliah.

Vadie Akbar Kalimata
Bang Vadie Akbar merupakan alumni Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Setelah masuk ke dunia perkuliahan, bang Vadie mengaku pikirannya menjadi semakin terbuka karena memiliki banyak teman dengan berbagai macam latar belakang. Ketika kita kuliah, kita akan terbiasa jadwal padat, soal yang susah, dan multitasking. Hal-hal itu secara tidak sadar dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih cepat dan terstruktur. Bang Vadie berpesan bahwa dalam memperjuangkan sesuatu kita harus tetap berbakti pada orang tua dan jangan lupa beribadah. Sepintar apapun kita, kalau tidak diridhoi oleh Tuhan maka kita tidak akan bisa berhasil.

Arief Budhy Hardono
Beliau adalah mantan ketua ILUNI (Ikatan Alumni UI) periode 2016-2019. Saat sedang berkuliah UI sangat berperan dalam memberikan values dalam kehidupan kita. Sesuai dengan tagline UI yaitu buku, pesta, dan cinta, UI tidak hanya memberikan ilmu untuk diri kita, namun bisa juga memberikan bagaimana caranya bergaul dan dapat menjadi tempat untuk mencari pasangan hidup. Tak lupa, bang Arief berpesan bahwa sebagai manusia kita harus dapat memberikan dampak yang besar bagi masyarakat dan langkah utamanya adalah dengan merubah mindset kita menjadi veritas (kebenaran), probitas (kejujuran), dan iustita (keadilan)

2. BEDAH FAKULTAS

Bedah Fakultas merupakan sesi di mana para peserta BKUI19 dapat secara langsung mengunjungi fakultas impian mereka menggunakan Bis Kuning (Bikun). Di tiap fakultas, peserta akan turun dan diberikan informasi oleh tour guide yang merupakan mahasiswa dari fakultas tersebut. Contohnya pada Fakultas Ilmu dan Pengetahuan Budaya, para peserta akan diberitahukan hal-hal yang menjadi daya tarik di fakultas tersebut sembari berkeliling melihat berbagai macam bangunan yang ada di fakultas tersebut.

3. BEDAH JURUSAN

Setelah berkeliling dan sudah merasa cocok dengan sausana fakultas yang ada di UI, tetapi masih ragu ingin jurusan apa? Tenang, di BKUI19 terdapat stand jurusan yang akan menjadi tempat bertanya para peserta. Stand tersebut akan diisi oleh perwakilan mahasiswa dari tiap jurusan, jadi para peserta bebas bertanya tentang pengalaman berkuliah di jurusan tersebut. Sehingga nantinya peserta akan semakin yakin bahwa jurusan tersebut sesuai dengan ekspektasi mereka dan bisa menghapuskan istilah ‘salah jurusan’ ketika telah menjalani kuliah nanti.

4. PENAMPILAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Selain terdapat Bedah Universitas, Bedah Fakultas, dan Bedah Jurusan. BKUI19 juga menghadirkan penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UI. UKM yang tampil, yaitu Teko UI atau Teater Psikologi UI. UKM di UI bertujuan selain untuk mengisi waktu di luar perkuliahan, melainkan dapat mengasah kemampuan kita untuk dapat berprestasi di bidang nonakademis.

Bagaimana acara BKUI19 menurut teman-teman, seru bukan? Bagi teman-teman yang belum sempat hadir pada acara tahun ini, jangan khawatir, karena kita dapat bertemu kembali di tahun depan! Sampai bertemu di BKUI20!

Dibuat oleh: Tim Media Informasi Bedah Kampus Universitas Indonesia 19

Narahubung: Echa (081213964400)

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait