BEM UI Buka Posko Pemindahan DPT Untuk Mahasiswa Rantau

Tuesday, 25 March 14 | 09:48 WIB

Badan Eksekutif Universitas Indonesia bekerja sama dengan BEM Fakultas se-UI membuka posko pemindahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tersebar di tiap fakultas dan asrama UI pada 13-21 Maret 2014.

BEM UI membuka posko ini untuk memfasilitasi mahasiswa rantau UI yang tidak bisa pulang ke domisili asal, tapi tetap ingin menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum Legislatif, (9/4/2014) nanti.

“Mengingat hak suara teman-teman rantau kita penting, jadi kami coba memfasilitasi mereka,” ujar Kepala Departemen Kajian Aksi dan Strategi BEM UI, Andi Aulia Rahman.

Mekanisme pengajuan permohonan pindah DPT yang harus mahasiswa rantau lakukan di posko tersebut adalah:

  1. Mahasiswa memastikan bahwa dirinya telah terdaftar dalam DPT, pengecekan di www.data.kpu.go.id
  2. Melampirkan Fotokopi KTM, Fotokopi KTP dan mengisi Surat Permohonan Pindah TPS.
  3. Setelah data-data dari mahasiswa rantau terkumpul, BEM UI dan BEM se-UI akan mengajukan surat itu ke KPUD Depok untuk diverifikasi.
  4. Mahasiswa menunggu paling lambat hingga 31 Maret 2014 untuk mendapatkan formulir A5  dari KPUD Kota Depok. Nantinya, formulir A5 akan dikembalikan kepada mahasiswa yang bersangkutan melalui BEM Fakultas.

Setelah mendapat formulir A5, mahasiswa tersebut dapat menggunakan hak suaranya untuk memilih Calon Legislatif yang terdaftar di Daerah Pemilihan Jawa Barat 6 (Depok dan Bekasi).

Demi menjaga netralitas BEM UI tidak menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam kampus UI. Mahasiswa dapat menggunakan hak suaranya di TPS domisili terdekat.

Shinta Bella Sari

Komentar



Berita Terkait

Dapoer Bang Jali: Resto Khas Nusantara, Harga Sesuai Kantong Mahasiswa
Gerakan Rakyat Berdaulat Tolak Pilkada Tidak Langsung
Aliansi UI untuk Demokrasi Buka Posko Tolak UU Pilkada
Tolak Pilkada Tak Langsung, BEM UI Siap Gelar Aksi Lebih Besar