Bicara Rekomendasi Mahasiswa dalam Seleksi Dekan

Tuesday, 19 September 17 | 07:34 WIB

Dalam rilis opininya, Majelis Wali Amanat (MWA) UI Unsur Mahasiswa menitikberatkan soal keterlibatan mahasiswa dalam seleksi dekan tahun ini. Bagi MWA, mahasiswa dapat terlibat dengan melakukan pengawasan berlanjut, melakukan pengkajian mengenai refleksi kondisi capaian fakultas, ikut secara aktif melalui platform digital dan atau uji publik, dan melakukan temu wicara untuk menjaring aspirasi terhadap kemampuan serta kualifikasi para Calon Dekan.

Mengenai keterlibatan mahasiswa, Dimas Dwi Putera, selaku Kepala Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) BEM FIB UI, justru menyatakan minimnya peran mahasiswa. Pasalnya, keterlibatan mahasiswa hanya terbatas pada pemberian rekomendasi melalui Panitia Seleksi Calon Dekan (PSCD) saja.

“Tak ada jaminan hukum rekomendasi yang diberikan akan menjadi salah satu pertimbangan bagi PSCD dan rektor dalam memilih dekan,” paparnya.

Senada dengan Dimas, Afkar Tashwirul selaku Ketua Departemen Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Kadep Adkesma) BEM UI menyatakan mahasiswa dapat berpartisipasi dengan merekomendasikan tentang kegiatan kemahasiswaan di fakultas masing-masing.

“Tapi, secara legal formal tidak ada keharusan dari calon dekan buat menyetujui itu (rekomendasi dari mahasiswa –red). Sehingga yang mungkin ya kontrak politik dan tidak bisa dituntut secara hukum kalau suatu hari ada hal yang tidak sesuai,” jelas Afkar saat diwawancarai melalui media sosial.

( Baca Juga: Seleksi Dekan UI Unggulkan Kompetensi dan Integritas bukan Popularitas )

Selain itu menurut Dimas, masa aspirasi yang terlalu pendek dan kurangnya sosialisasi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. “Khusus untuk FIB, mahasiswa hanya diberikan waktu kurang lebih seminggu untuk menyusun rekomendasi. Gua baru mengetahui siapa PSCD di FIB bulan September dan waktu yang diberikan sangat sempit untuk menyusun rekomendasi yang maksimal,” tukasnya.

 

Teks: Huda Shidqie dan Eri Tri Anggini

Foto: Haydr Suhardy

Komentar



Berita Terkait