BOP Dari Tahun ke Tahun

Monday, 06 May 19 | 02:39 WIB

Biaya Operasional Pendidikan (BOP) ialah segala biaya yang memiliki korelasi dengan fasilitas pengajaran seperti  untuk kesejahteraan pengajar, sarana prasarana kampus, akses buku beserta jurnal perpustakaan, dan  jasa internet  gratis.Pada awal tahun 2019, rilis SK Rektor No. 9 Tahun 2019 tentang kenikan BOP non-reguler untuk mahasiswa angkatan 2019 ketika pengumuman jalur talent scouting dan PPKB. Mahasiswa baru harus membayar BOP sesuai kenaikan yang ditetapkan.

Kenaikan BOP dipicu oleh  defisit 1 triliun dikarenakan Universitas Indonesia memperbanyak gedung, pembangunan rumah sakit, hingga perbaikan infrastruktur lain yang sebenarnya bukan bagian dari operasional pendidikan. Dra. Fitri Hayati selaku Direktur Keuangan UI menegaskan bahwa keputusan tersebut telah dipertimbangkan agar selaras dengan Tridharma Perguruan Tinggi dan kenaikan diperbolehkan sebatas tingkat inflasi di Indonesia. Pemerintah mengalokasikan 20% dari APBNnya untuk biaya pendidikan.

Kenaikan BOP dipicu oleh tingkat inflasi serta keinginan UI untuk meningkatkan kesejahteraan dosen agar tetap mengabdi di UI dan tidak berpaling ke universitas swasta atau jurstru luar negeri. Dra. Fitri menyatakan bahwa S1 reguler sejak 2008 tidak pernah naik, tapi kemampuan bayar mahasiswa meningkat selalu. Adanya BOP-P memaksa orang mampu untuk subsidi mahasiswa tidak mampu. Sejak 2008 BOP Reguler selalu stabil sedangkan inflasi terus terjadi sehingga UI mengusahakan pemasukan BP dan BOP seimbang.

Kenaikan BOP ditetapkan berdasarkan pertimbangan mekanisme rumit dan audiensi kompleks. Kemenristekdikti meminta UI untuk meraih Word Class University  sehingga memerlukan aggaran besar. UI sebagai PTN-BH UI, diminta mencari uang sendiri sehingga dibebankan kepada mahasiswa. Perhitungan mengenai kemampuan finansial mahasiswa UI rutin mengadakan audit oleh profesional akan tetapi performanya belum stabil. Mengenai transparansi, mahasiswa diberikan kewenangan mengaudit melalui Badan Audit Kemahasiswaan.

Teks: Hani Nastiti
Infografis: Tim Litbang SUMA UI
Editor: Grace Elizabeth

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Rektor UI Putuskan Kenaikan Biaya Pendidikan Tanpa Libatkan Mahasiswa
Aksi Untuk Negeri Angkat Kemanusiaan Sebelum Kekuasaan
Perubahan KAMABA 2019
Inklusivitas Ragam Kelompok dalam Pergerakan Perempuan