Calon Anggota MWA UI UM 2019 Beberkan Lima Janji Setelah Terpilih

Wednesday, 07 November 18 | 04:27 WIB

Telah dilaksanakan Eksplorasi Pemira IKM UI pada Selasa (6/11) malam di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI). Eksplorasi bertempat di selasar Gedung F dan diawali dengan penyampaian presentasi mengenai visi dan misi kedua Calon Anggota Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Unsur Mahasiswa 2019 (MWA UI UM 2019), Althof Endawasa dan Bimo Maulidianto.
Pertanyaan mengenai lima poin bayangan MWA UI UM dalam setahun kedepannya dilemparkan oleh salah satu panelis dalam sesi panelis. Althof menjawab terlebih dahulu yang kemudian disusul oleh Bimo.

Selanjutnya tiga dari lima poin yang disampaikan memiliki kesamaan topik sebagai berikut:

Pandangan mengenai biaya pendidikan

Althof berbicara mengenai Bidikmisi dan mahasiswa yang terdaftar Bidikmisi dipastikan menerima sampai satu juta per bulannya dengan patokan seperti di Institut Teknologi Bandung (ITB), tanpa batasan sehingga selisih lebihnya dapat diberikan ke mahasiswa.

Sedangkan Bimo berpandangan akan mengawal biaya pendidikan dengan mengkaji kembali dana pemasukan UI dari non-pendidikan.

Pandangan mengenai Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) di Vokasi UI

Althof memilih untuk memperjuangkan BOP-B Vokasi dengan cara memanfaatkan momen pemilihan rektor baru. Dengan begitu, hal ini dapat dilakukan bersama rektor baru melalui perjanjian ataupun surat keputusan dari rektor.

Sedangkan Bimo memiliki pandangan bahwa Vokasi kurang koordinasi mengenai BOP-B di Vokasi dan perlu diadakan kerjasama dalam mengkaji ulang masalah BOP-B tersebut.

Keterlibatan mahasiswa dalam pemilihan rektor

Selanjutnya mengenai keterlibatan mahasiswa dalam pemilihan Rektor, Althof memastikan bahwa MWA Universitas Indonesia Unsur Mahasiswa terlibat pada panitia khusus pemilihan rektor dan melibatkan mahasiswa untuk panitia penjaringan rektor.

Di sisi lain, Bimo lebih menekankan bahwa pemilihan rektor yang terpilih adalah atas nama mahasiswa dengan cara MWA mencapai pansus P3CR-nya (Panitia Penjaringan dan Penyaringan Rektor).

Selain ketiga hal itu, Althof menyampaikan poinnya berupa pengawalan sarana olahraga terintegrasi dan pembangunan gedung di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) benar-benar terjalankan pada tahun 2019 mendatang dan juga mengenai Badan Kepengurusan (BK) MWA itu sendiri memperoleh apresiasi atau skor tinggi di penilaian Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Sedangkan Bimo menyampaikan dua poin tambahan. Poin yang pertama MWA UI UM bekerja secara menyeluruh dengan membantu cara kerja anggaran keuangan setiap fakultas. Lalu untuk poin yang kedua, Bimo kembali menekankan mengenai keterbukaan MWA UI UM bisa publikasi Open Data dengan harapan mahasiswa dapat mengetahui seluk-beluk dan apa saja yang sedang dikerjakan oleh BK MWA UI UM.

 

 

Teks: M. Anggito Z.
Foto: Kezia Estha T
Editor: Halimah Ratna Rusyidah

 

Pers Suara Mahasiswa UI 2018
Independen, lugas, dan berkualitas!
#PEMIRAIKMUI2018

Komentar



Berita Terkait

Klarifikasi Kedua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Terkait Sokongan Dana
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir
Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI