Calon Anggota MWA UI UM 2019: Persentase Biaya Pemasukan UI dari Mahasiswa Tidak Wajar

Friday, 02 November 18 | 09:07 WIB

Eksplorasi Pemira IKM UI (2/11) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI dimulai dengan presentasi dari Calon Anggota MWA UI UM 2019, yaitu Althof Endawansa dan Bimo Maulidianto.

Saat sesi pertanyaan dari panelis, banyak membahas mengenai biaya pendidikan dan juga pemasukan UI dari mahasiswa. Salah satunya mengenai berapa persentase pemasukan UI yang berasal dari mahasiswa. Keduanya menjawab bahwa saat ini berkisar antara 40-50%. Lalu, pertanyaan dilanjutkan apakah menurut mereka persentase tersebut wajar atau tidak. Kedua calon, Althof dan Bimo, berpendapat bahwa angka tersebut saat ini tergolong tidak wajar.

Althof menyatakan bahwa pendidikan adalah tanggung jawab negara. Namun kenyataannya saat ini pendapatan UI lebih banyak dari mahasiswanya sehingga tergolong tidak wajar. “Memang tidak harus semuanya ditanggung pemerintah, tapi ketika proporsinya lebih banyak dari mahasiswanya, maka hal itu menjadi tidak wajar,” tuturnya.

Sedangkan Bimo mengatakan bahwa saat ini untuk memperoleh pendapatan, UI lebih berfokus mencari dari biaya pendidikan, bukan dari biaya non-pendidikan. Menurutnya, pemasukan dari biaya non-pendidikan atau ventura lebih bisa dimaksimalkan. “UI harusnya bisa lebih bertanggung jawab kepada mahasiswanya. Dengan apa? Dengan meningkatkan pemasukan non-pendidikan sehingga bisa menutup UKT (Uang Kuliah Tunggal -red) mahasiswanya,” ungkapnya.

Sementara itu, panelis yang menanyakan pertanyaan tersebut berpendapat bahwa pendapatan UI dari biaya pendidikan saat ini tergolong wajar. “UI pasti udah memperhitungkan misalnya tahun depan berapa jumlah mahasiswa yang masuk, lalu berapa pemasukannya. Jadi ya wajar aja,” pungkas Muhammad Ridha Intifadha selaku panelis yang merupakan Deputi Kajian dan Kebijakan BK MWA UI UM 2013.

Teks: Nadia Farah
Foto: Rezkita G. Astari S.
Editor: Halimah dan Kezia

Pers Suara Mahasiswa UI
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Paslon BEM UI 2019 Paparkan Alasan Penggabungan dan Pemisahan Kastrat-Akprop dalam Rencana Kepengurusan
Calon MWA UI UM 2019 Garisbawahi Urgensi Pembangunan RSPUI
Eksplorasi di Farmasi, Calon Anggota MWA UI UM 2019 Janjikan Dua Hal Ini
Perihal Isu RUU Farmasi, Kedua Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI Siap Mengawal