Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI

Friday, 23 November 18 | 02:56 WIB

Eksplorasi Calon Majelis Wali Amanat UI Unsur Mahasiswa (MWA UI UM) kembali dilaksanakan pada Rabu (21/11) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Eksplorasi dibuka dengan pemaparan materi oleh kedua calon, yaitu Althof Endawansa dan Bimo Maulidianto.

Di awal presentasi, Althof menyampaikan bahwa secara keseluruhan FEB sudah bagus dalam pengelolaannya, seperti misalnya organisasinya dan patut dicontoh oleh fakultas lain di UI. Namun, ia kemudian menyampaikan bahwa ada satu isu yang patut dibahas lebih lanjut, yakni Perhall atau Pertamina Hall.

“Perhall FEB itu katanya diwacanakan untuk diperbaiki sejak tahun 2015 tapi sampai sekarang masih belum,” ujarnya. Lantas, ia mengatakan bahwa akan membantu mengadvokasi hal ini tahun depan jika terpilih.

Selanjutnya, Althof juga membeberkan fakta bahwa pendapatan FEB pada tahun 2018 yaitu sebesar Rp198.876.653.559 Sedangkan rencana pengeluarannya sebesar Rp201.783.131.657, yang berarti terjadi defisit sekitar 2 milyar rupiah. “Akan tetapi, kondisi defisit ini tertutupi dengan saldo dana yang dimiliki oleh FEB,” terang Althof.

Fakta ini juga disampaikan oleh Bimo dalam pemaparannya. Dengan angka tersebut, pendapatan FEB merupakan yang terbesar di tingkat UI. 53% pendapatan FEB berasal dari biaya pendidikan, sementara sisanya berasal dari biaya non pendidikan. “Hal ini merupakan contoh yang baik bagi fakultas-fakultas lain karena terjadi komposisi yang pas antara biaya pendidikan dan non pendidikan,” tuturnya.

Kemudian, Bimo juga mengatakan bahwa sekitar 96% pendapatan FEB dialokasikan untuk biaya operasional, dan menurutnya hal ini dirasakan langsung oleh para mahasiswanya. FEB memiliki biaya operasional yang tinggi, tapi sepadan dengan fasilitasnya. Hal lainnya yang disampaikan Bimo adalah jumlah dana abadi FEB, yaitu sebesar Rp63.132.018.221.

“Pengelolaan dana abadi yang ada di FEB bahkan lebih baik dari pengelolaan dana abadi yang ada di tingkat UI,” tuturnya.

Sebagai penutup, Bimo kembali menekankan pentingnya bagi fakultas lain untuk mencontoh dan belajar dari FEB karena bisa mengelola dana abadi dengan baik dan juga proporsi biaya pendidikan dan non-pendidikan yang seimbang.

Teks: Nadia Farah Lutfiputri

Foto: Elizabeth Grace Kristiani

Editor: Halimah dan Kezia

Komentar



Berita Terkait

Eksplorasi FIB UI: Kedua Paslon BEM UI Beri Pandangan Isu Kekerasan Seksual
Klarifikasi Kedua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Terkait Sokongan Dana
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir