Ditanya Perihal Koordinasi, Calon Anggota MWA UI UM 2019 Pastikan Bentuk Koordinasi yang Jelas

Friday, 02 November 18 | 03:44 WIB

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menjadi tempat pertama bagi para calon Anggota Majelis Wali Amanat UI Unsur Mahasiswa (MWA UI UM), Anggota Independen Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UI, serta Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI) tahun 2019 untuk melakukan eksplorasi Pemira IKM UI 2018 pada Kamis (1/11). Bertempat di Taman Bougenville, FKM UI Althof Endawansa dan Bimo Maulidianto selaku Calon Anggota MWA UI UM memaparkan presentasinya mengenai visi, misi, dan nilai yang akan dibawa jika salah satu dari mereka terpilih menjadi Anggota MWA UI UM 2019.

Kemudian dengan membawa nilai aktif, evaluatif, dan infklusif, Althof mengatakan bahwa nilai aktif yang ia bawa, berangkat dari evaluasi MWA UI UM 2017. “Aktif itu mengevaluasi MWA UI UM 2017 dimana mahasiswa merasa bahwa MWA aktif ke lembaga, tapi tidak aktif ke mahasiswa,” ujar Althof.

Sedangkan, nilai evaluatif oleh Althof yaitu bagaimana MWA UI UM mengevaluasi kesejahteraan mahasiswa dan inklusif mencerminkan hubungan yang akan mereka jalin dengan BEM UI.
Di samping itu, Bimo yang membawa nilai efektif, kolaboratif, dan dekat melihat bahwa adanya potensi untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dengan berkolaborasi bersama Adkesma (Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa) serta melakukan pendekatan dengan para mahasiswa.

Berkaitan dengan nilai yang mereka bawa, Althof dan Bimo memiliki cara sendiri dalam melakukan koordinasi dengan lembaga mahasiswa lain. Althof yakin bahwa dengan melihat kesepakatan para ketua lembaga mahasiswa di awal, ia dapat membangun koordinasi dengan mereka. Berbeda dengan Althof, Bimo akan melakukan kolaborasi bersama Adkesma dalam melakukan program kerja dengan kolaborasi, maka koordinasi diantara keduanya akan terjain.

Meninjau cara koordinasi yang dilakukan berbeda, maka hal konkret yang akan Althof dan Bimo lakukan juga memiliki cara masing-masing. Di sini, Bimo mengatakan bahwa akan melakukan safari ke fakultas-fakultas di UI agar lembaga mahasiswa dapat mengetahui arah gerak MWA.

Selain itu, dengan safari fakultas, Bimo juga yakin dapat menampung keluhan dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa.”Harus ada safari fakultas sehingga kalau ada keluhan bisa diperjuangkan aspirasi dari mahasiswanya,” ucap Bimo.

Berbeda dengan Bimo yang akan mengadakan safari fakultas, Althof akan melakukan koordinasi dengan mengadakan pertemuan informal bersama lembaga kemahasiswaan sebelum mengadakan pertemuan formal. Cara tersebut menurutnya akan lebih membantu untuk menyampaikan maksud dan tujuan MWA UI UM.

Selanjutnya, untuk memastikan pernyataan-pernyataan yang dikemukakan oleh para calon, panelis menegaskan kepada Althof dan Bimo jika salah satu dari mereka nantinya terpilih menjadi Anggota MWA UI UM 2019 maka mereka harus merealisasikannya dengan melaksanakan koordinasi secara jelas.

 

 

Teks: Ramadhana Afida Rachman
Foto: Ramadhana Afida Rachman
Editor: Halimah Ratna Rusyidah

Komentar



Berita Terkait

Aksi Nasional Tolak dan Dukung RUU PKS Serentak di DPR RI
BEM UI Bersama Aliansi Masyarakat Lakukan Aksi Tolak RKUHP
Uji Coba Sejak Minggu Lalu, Ini Rute Operasi Transjakarta di UI
Pemira UI 2019: Kebijakan Baru Terkait Sistem Pemungutan Suara dan Kriteria Calon Peserta