Dorong Prestasi di MTQ Mahasiswa Nasional XV, Mahasiswa UI Gelar UIQO

Friday, 28 October 16 | 11:25 WIB

Ratusan mahasiswa UI yang tergabung dalam Salam UI dan Lembaga Dakwah se-UI bersama seluruh Kontingen dari setiap fakultas mengadakan Pawai Universitas Indonesia Quranic Olympiad (UIQO) pada Kamis lalu (27/10). Turut hadir Muhammad Fadel, Majelis Wali Amanat (MWA) Unsur Mahasiswa, memberikan sambutan.

Pawai itu merupakan salah satu rangkaian pagelaran UIQO 2016. Sebelumnya, telah terselenggara Malam Bina Iman dan Taqwa “One Night Closer to Quran” yang dihadiri oleh seluruh kontingen tiap fakultas serta diisi oleh talkshow motivasi seputar Al-Qur’an oleh Muhamad Ishaq, Mahasiswa FKM dan hafizh 30 Juz, Ibrohim Hanifa, Mahasiswa FEB serta hafizh 30 Juz, dan Taqiyudin Malik, peniru 40 suara imam besar, santri Darul Quran.

UIQO 2016 tahun ini mengangkat tema “Membangun Generasi Muda Muslim Cendikia yang Maju dengan Al-Quran”. Acara yang berlangsung 27 Oktober hingga 6 November 2016 ini berisi berbagai perlombaan bernuansa Al-Qur’an, seperti Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Hifzhil Qur’an (1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz), Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Al-Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (Bahasa Arab dan Inggris).

Ketua Salam UI Rangga Kusumo menjelaskan UIQO bertujuan mendekatkan kembali sivitas akademika dengan Al-Quran.

“UIQO tahun ini merupakan program terbesar Salam UI. Kami berharap Al-Quran bisa menjadi inspirasi bagi siapapun, lantunan ayat suci Al-Quran juga tersebar di berbagai sisi kampus, sama saat UI menjadi tuan rumah MTQ Mahasiswa Nasional tahun lalu,” ujar dia.

Pada Jumat (28/10) diselenggarakan Opening UIQO di Aula Utama Masjid Ukhuwah Islamiyah UI. Dalam acara ini, secara resmi UIQO dibuka. Terdapat juga talkshow tentang Al-Qur’an dari beberapa pembicara, yaitu Agus Sujatmiko, Ayah dari 8 anak Hafizh Al-Qur’an, Arham bin Ahmad Yasin, Al Hafizh, penulis buku Kiat Menghafal Al-Quran Agar Sehafal Al Fatihah dan Muhammad Saihul Basyir.

UIQO 2016 ini juga merupakan salah satu upaya UI untuk menyongsong MTQ MN XV tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB). Pada MTQ Mahasiswa Nasional XIV tahun lalu UI berhasil menjadi juara umum ketiga.

Teks: RK

Editor: Savran Billahi

Komentar



Berita Terkait