Eksplorasi FIB UI: Kedua Paslon BEM UI Beri Pandangan Isu Kekerasan Seksual

Thursday, 29 November 18 | 01:21 WIB

Eksplorasi lanjutan Pemira untuk sesi Pasangan Calon (Paslon) Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) 2019 kembali dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI pada Selasa (27/11) malam. Eksplorasi di FIB UI malam itu menghadirkan satu panelis yaitu Ida Farida, mantan Wakil Ketua BEM FIB UI 2017. Seperti biasa, kedua pasang calon membuka eksplorasi dengan penyampaian visi-misi serta program kerja mereka selama masa jabatan.

Selanjutnya saat sesi floor, isu yang diangkat sedang hangat dibicarakan oleh mahasiswa seluruh Indonesia terkait dengan kasus kekerasan seksual yang terjadi di universitas. Salah satu mahasiswi FIB UI memberikan pandangannya dan meminta kedua pasang calon memberikan pendapatnya.

Menanggapi hal tersebut pasangan nomor urut 1 yaitu Alfian Tegar Prakarsa dan Muhammad Akbar Buana Tafsili menyatakan bahwa sebagai manusia mereka tidak bisa menghakimi dan mengambil dari persepsi salah satu pihak.

“Kita bisa berjuang untuk memberantas kekerasan seksual dengan cara sosialisasi dan mengangkat isu kekerasan seksual secara step by step,” ujar Tegar.

Sedangkan menurut paslon nomor urut 2, korban pelecehan seksual tidak bisa mendapatkan kriminalisasi dan dihakimi secara sepihak. Pasangan nomor urut 2 juga sempat menyinggung mengenai Crisis Center yang digagas oleh rektor sejak tahun 2016. Optimalisasi Crisis Center yang dijanjikan sejak tahun 2016. Mereka berharap rektor tahun 2019 benar – benar concern dengan kekerasan seksual melalui optimalisasi Crisis Center. Oleh karena itu, Manik-Fadli akan mengadakan kontrak politik dengan pihak rektorat mengenai kekeran seksual.

“Jangan sampai kita membicarakan hal-hal tersebut saat sudah ada korban. Yang perlu dijaga adalah suara kita untuk mengangkat isu kekerasan seksual agar tidak lagi tabu,” tutur Manik.

Teks: Faizah Diena Hanifa
Foto: Faizah Diena Hanifa
Editor: Halimah Ratna R

#PEMIRAIKMUI2018

Komentar



Berita Terkait

Klarifikasi Kedua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Terkait Sokongan Dana
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir
Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI