Eksplorasi Hari Pertama Pemira IKM UI, Calon Anggota MWA UI UM Singgung Inklusivitas Mahasiswa

Wednesday, 08 November 17 | 06:25 WIB

Hari ini (8/11) berlangsung eksplorasi pertama Pemilihan Raya Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia (Pemira IKM UI) di kantin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI.

Eksplorasi hari ini dimulai dengan pemaparan visi dan misi dari Calon Anggota Majelis Wali Amanat UI Unsur Mahasiswa (MWA UI UM), Vyan Tashwirul Afkar. Sementara itu sesi panelis diisi oleh Fauzan Muhtadi, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA tahun 2016.

Sesuai dengan tagline Afkar yaitu Nyata, Aspiratif, dan Solutif, pada saat sesi panelis, Afkar menjanjikan adanya transparansi notulensi dari setiap rapat MWA yang mengandung pembahasan rapat dan poin-poin yang MWA bawa.

Mahasiswa Jurusan Geografi angkatan 2014 tersebut juga mengajak mahasiswa untuk mengawal isu-isu kemahasiswaan, kebijakan publik, kebijakan pembangunan, biaya pendidikan, evaluasi kerja rektor hingga pemilihan rektor tahun 2019. Saat disinggung mengenai Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma), ia berpendapat bahwa perannya di MWA nanti akan membantu mengakomodir permasalahan dalam hal kebijakan.

Mengenai pemilihan rektor, panelis menanyakan kontribusi apa yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Adapun, Afkar menginginkan agar mahasiswa dapat menyumbangkan satu suara dalam pemilihan rektor. Hal tersebut didasari dengan dibuatnya rekomendasi kebijakan, tuntutan-tuntutan lewat forum-forum kemahasiswaan yang ada di UI.

Sesi eksplorasi calon MWA UI UM diakhiri dengan closing statement dari Afkar. Agenda eksplorasi dilanjutkan dengan presentasi Calon Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) UI perwakilan dari FMIPA, dan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI.

 

Teks: Afiffah Tata Tanjung

Foto: Victoria Yama

Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait