Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir

Saturday, 24 November 18 | 03:04 WIB

Jumat (23/11) telah berlangsung eksplorasi Pemilihan Raya Universitas Indonesia (Pemira UI) 2019 di Fakultas Teknik (FT) UI. Sesi eksplorasi Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI 2019 malam itu dibuka dengan penyampaian visi dan misi serta program kerja dari kedua pasang calon. Pada eksplorasi kali ini, mahasiswa FT banyak mengangkat isu – isu dan mengkritisi berbagai hal terutama mengenai komersialisasi lahan parkir saat masuk ke kawasan UI melalui pintu Gerbatama.

Selanjutanya, Reza Andriawan Teknik Mesin 2016 menanyakan hal tersebut kepada kedua pasangan calon di sesi keempat eksplorasi. Ia ingin tahu rencana kedua pasang Calon Pemimpin UI mengenai isu komersialisasi tersebut. Untuk memasuki kawasan UI, pengendara mobil atau motor diwajibkan untuk membayar sekitar 4000 rupiah serta lahan parkir di fakultas yang biayanya dianggap terlalu mahal.

Menanggapi hal tersebut, pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Nomor urut 1, Alfian Tegar Prakarsa dan Muhammad Akbar Buana Tafsili menyatakan bahwa isu komersialisasi ini bukanlah isu baru melainkan isu yang sudah ada sejak lama namun hingga sekarang belum ada penyelesaian.

“Isu ini sangat perlu untuk dibawa lagi tahun depan karena permasalahan dan statusnya belum jelas. Serta untuk mengetahui prediksi di tahun depan,” ujar Tegar

Selanjutnya, isu parkiran tahun ini sebelumnya sudah sempat ditangani oleh Badan Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) BEM UI. Isu ini dianggap melanggar pasal 27 UUD 1945 yang berisi komunikasi dengan DPP dilakukan untuk menjelaskan adanya suatu rencana melakukan suatu parkiran terpusat di UI.

“Tentunya, hal itu menjadi concern kami dalam bidang sub pembangunan dan tidak hanya pada parkiran. Isu komersialisasi pemarkiran akan kami kawal,”ujar Fadli.

Senada dengan tanggapan kedua paslon, banyak mahasiswa yang juga mendukung mengenai penghapusan lahan parkir berbayar dan menyarankan alangkah baiknya jika isu ini dibawa ke pihak Ombusdman.

Teks: Faizah Diena Hanifa
Foto: M. Anggito Z.
Editor: Halimah dan Kezia
#PEMIRAIKMUI2018

Komentar



Berita Terkait

Eksplorasi FIB UI: Kedua Paslon BEM UI Beri Pandangan Isu Kekerasan Seksual
Klarifikasi Kedua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Terkait Sokongan Dana
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI