FT UI X GRAB: Sepakati Kerja Sama Luncurkan GrabWheels di Lingkungan FT UI

Tuesday, 23 July 19 | 11:38 WIB

Depok – Bertepatan dengan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) ke 55, FT UI bersama Grab sebagai perusahaan jaringan transportasi, meluncurkan Grabwheels sebagai solusi mobilitas yang cerdas dan ramah lingkungan bagi seluruh sivitas akademika UI. Peluncuran dilakukan pada Rabu (17/7) lalu di ruang Chevron, FT UI, Kampus Depok.

Hendri D.S. Budiono selaku Dekan FT UI mengungkapkan sebagai misi ke-4 FT UI adalah membangun dan mempersiapkan institusi keteknikan yang berbasis Teknologi Informasi Terpadu (Integrated IT Based Institution) dan menganggap Grabwheels sangat sesuai. Hendir pun menambahkan bahwa FT UI adalah tempat pendidikan mahasiswa yang nantinya akan menjadi pimpinan negara ini dan menjadi suatu edukasi yang baik untuk para mahasiswa.

Selanjutnya, Ridzki Kramadibrata sebagai Presiden Grab Indonesia mengungkapkan bahwa peluncuran Grabwheels di UI Depok diharapkan dapat memudahkan mahasiswa dalam hal transportasi yang praktis dan ramah lingkungan.

Kemudian, Rizku juga menjelaskan bahwa pemilihan tempat di FT UI dikarekankan Beralasan FT UI memiliki lingkungan dengan lahan yang luas dan siap untuk kaum difabel. Saat di FT UI sendiri memuliki 30 unit yang sudah beroperasi dan 15 unit yang disimpan.

Perihal hal tersebut puhak grab berharap bahwa kedepannya bisa lebih banyak dengan memperhatikan demand (permintaan), kapasitas operasional, dan Safety (keamanan).

Lalu Grabwheels tersebut merupakan kendaraan skuter listrik (eScooter) bermerek Ninebot By Segway. Memiliki spesifikasi kecepatan sebesar 30 km/jam, mampu menopang beban kurang dari 100 Kg, rem mekanikal pada kaki dan elektrikal pada setang serta berbaterai ganda. Berhubungan dengan fitur keamanan, Grabwheels membatasi kecepatan hingga hanya sebesar 15 km/jam dan memfasilitasi helm di setiap eScooter yang tersedia.

Fasilitas Grabwheels dapat digunakan dengan mengunduh aplikasi Grabwheels melalui perangkat iOS dan Android selama masa uji coba dan memindai QR Code pada eScooter. eScooter Grabwheels pada masa uji coba-nya tersedia pada tiga titik di FT UI, yaitu di Halte Teknik, lobi Engineering Center, dan Kantik Teknik. Saat ini Grabwheels gratis digunakan dalam masa uji cobanya hingga Agustus mendatang. Untuk rencana kedepannya, di-leading oleh Pak Hendri dapat dikembangkan di fakultas lainnya, tidak hanya di FT.

Teks : Anggito Z.
Foto : Halimah Ratna
Editor : Muhamad Aliffadli

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Musala Teknik Next Level Resmi Lewati Renovasi
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir
Penerapan Teknologi Baru pada Kapal Pelat Datar Triwitono