Gelar Career and Scholarship Expo XXII, UI Fasilitasi Alumni Kembangkan Diri

Tuesday, 11 October 16 | 08:36 WIB

Sebanyak 83 stan perusahaan, 12 stan kewirausahaan, dan 10 stan beasiswa ditampilkan di Balairung Universitas Indonesia dalam acara UI Career and Scholarship Expo ke-22 pada Kamis (29/9) hingga  Sabtu (1/10).

Sandra Fikawati selaku Ketua Pelaksana memaparkan bahwa acara tersebut diselenggarakan bukan hanya bertujuan untuk memfasilitasi lulusan baru UI yang akan memasuki dunia kerja, tetapi juga sebagai sarana informasi bagi mereka yang ingin mengembangkan diri, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi atau menekuni bidang kewirausahaan.

“Alumni kan gak hanya ingin bekerja, tapi ada yang ingin melanjutkan studi, maka dari itu kita memfasilitasi booth beasiswa dan kewirausahaan,” ujarnya.

Menurut Sandra Fikawati, stan kewirausahaan tersebut digelar sebagai wujud upaya UI untuk meningkatkan iklim usaha di Indonesia.

“Supaya kita bukan menjadi tenaga kerja tetapi bisa membuka lapangan kerja untuk masyarakat lain,” jelas perempuan yang akrab dipanggil Fika tersebut.

Acara tahunan diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB UI) dan Jobstreet itu menargetkan sebanyak 10.000 pengunjung dengan persentase 55% lulusan UI dan 45% dari luar UI.

Menurut Fika, ada beberapa perbedaan antara UI Career Expo tahun ini dengan tahun sebelumnya. Hal itu terkait dengan perusahaan-perusahaan yang pada tahun lalu turut meramaikan namun pada tahun ini tidak.

“Lesunya perekonomian, misalnya kayak (perusahaan—red) tambang yang banyak ditutup, seperti Pertamina, Chevron, dan Shell. Padahal antusias lulusan banyak sekali, karena kebijakan yang berubah jadi kita gak ada (tidak bisa menghadirkan perusahaan-perusahaan tersebut—red),” paparnya.

1475673719546

Peserta UI Career and Scholarship Expo Bisa Langsung Melamar Kerja

Tahun ini, panitia UI Career dan Scholarship Expo menawarkan sistem berbasis daring untuk pengajuan Curriculum Vitae (CV) bagi para peserta yang menghadiri pameran.

”Yang masuk ke sini (UI Career dan Scholarship Expo—red) harus online, mereka gak usah bawa CV karena kita bekerja sama dengan Jobstreet. Jadi, nanti mereka tinggal masukan username sama password ke perusahaan,” ujar Fika.

Walau panitia sudah menyediakan sistem daring tersebut, menurut Rani Wulandari, salah satu peserta yang merupakan alumni Fakultas Hukum Universitas Jenderal Sudirman (FH Unsud) menyatakan bahwa ada beberapa perusahaan yang juga mensyaratkan CV dalam bentuk fisik.

Hal itu karena antrian dengan menggunakan sistem daring tersebut terbatas, sehingga lebih efektif menyerahkan CV  secara langsung kepada perusahaan.

Teks dan Foto: Eri Tri Anggini

Editor: Frista Nanda Pratiwi

 

 

Komentar



Berita Terkait