Hadir di Dies Natalis UI ke-68, Jokowi Diacungkan ‘Kartu Kuning’ oleh Ketua BEM UI 2018

Friday, 02 February 18 | 01:37 WIB

Telah berlangsung Dies Natalis UI ke-68 yang dikunjungi secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo yang lebih dikenal dengan panggilan Jokowi pada hari ini (02/02). Dalam pidatonya, Jokowi mengapresiasi UI karena terdapat enam alumni UI yang menjadi menteri dalam Kabinet Kerja. Ia meresmikan Forum Kebangsaan Universitas Indonesia bersama Rektor UI, Muhammad Anis, dengan mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran kecil.

Forum ini direalisasikan sebagai bentuk dukungan terhadap akademisi dalam mencari solusi bagi setiap permasalahan yang dikaji.

Setelah Jokowi menyelesaikan pidatonya, Zaadit Taqwa selaku Ketua BEM UI 2018 melakukan aksinya dengan mengangkat buku berwarna kuning sambil meniupkan peluit yang juga berwarna kuning sebagai bentuk peringatan layaknya pertandingan sepak bola dimana wasit meniupkan peluitnya dan mengeluarkan kartu kuning sebagai bentuk peringatan terhadap pemain yang melakukan pelanggaran.

Aksi ini dijelaskan oleh Averous Noor Esa selaku Koordinator Bidang Sosial dan Politik BEM UI 2018, “Kita menyambut Jokowi, Bapak Presiden kita, tapi kita juga memberikan peringatan. Bapak (-red Jokowi) sudah datang di kampus perjuangan, kita ingin Bapak pulang tidak dengan tangan kosong. Kami ingin bapak pulang dengan peringatan ini. Dan juga sebenarnya undangan audiensi bahwa untuk melakukan perbaikan jangka panjang, kita butuh ilmu dari segala macam bidang dan itu semua ada di UI, ” tuturnya.

Tanggapan lain datang dari pihak Kepresidenan, dilansir dari detik.com, “Terhadap aksi ini, Presiden Jokowi biasa aja, tidak tersinggung. Soalnya dari awal memang sudah ada agenda Presiden ketemu BEM UI itu selepas acara. Tapi acara itu batal karena aksi tersebut,” ujar Staf Khusus Bidang Komunikasi Presiden, Johan Budi SP kepada wartawan, Jumat (2/2/2018).

Teks: Grace Elizabeth dan Diana

Foto: Diana

Editor: Kezia Estha Tumbol

Komentar



Berita Terkait

Wacana Keterlibatan TNI dalam Ranah Sipil dan Politik, BEM UI dan Aliansi Tanyakan Urgensi
BEM UI dan KPU Adakan Program Pindah Memilih untuk Mahasiswa Rantau UI
Menjajal KRL MRT Jakarta, Masa Depan Transportasi Kaum Urban Ibukota
Yakinkan Swing Voters, Asumsi.co Adakan Nobar Debat Pilpres