Hadirkan Ahli dalam Sidang Pembuktian Pemira IKM UI, Anggota DPM Boleh Beri Berpendapat

Sunday, 19 November 17 | 05:52 WIB

Sidang pembuktian terkait Sengketa Pemilihan Raya Ikatan Keluarga Mahasiswa UI (Pemira IKM UI) 2017 diadakan pada Rabu (15/11) lalu. Adapun pihak pemohon, Wanda Melani menghadirkan satu orang ahli, Efraim Jordi Kastanya.

(Baca Juga: Sidang Sengketa Pemira IKM UI, Wanda Melani Ajukan Tujuh Permohonan)

Sidang pembuktian itu membahas salah satu poin tuntutan dari pemohon mengenai wewenang Fadhlan Zamzami Sitio selaku Anggota Independen DPM UI yang menghadiri sidang. Selain itu, kuasa hukum dari pihak pemohon menganggap Fadlan terlalu banyak menanggapi poin tuntutan pemohon.

Dengan demikian Efraim mengatakan bahwa Fadlan tidak memiliki wewenang tersebut. “Atau bisa dikatakan sebagai penyalahgunaan wewenang. Tergantung. Apakah dia di situ sebagai anggota DPM UI mengomentari dan kemudian mempengaruhi jalannya sidang atau (hadir -red) sebagai masyarakat umum? Yang kemudian kita bisa lihat di situ siapa yang diundang. Jadi tergantung,” ujar Efraim.

(Baca Juga: Ini Penjelasan Tujuh Poin Tuntutan Wanda Melani)

Menanggapi jawaban Efraim, kuasa hukum pemohon memperjelas bahwa Fadlan hadir bukan sebagai masyarakat umum dikarenakan sidang dilakukan secara tertutup. Hal tersebut kemudian dibantah oleh kuasa hukum termohon yang menyebutkan bahwa dalam PP Pemira IKM UI tentang Pendaftaran dan Verifikasi Peserta pada Pasal 23 ayat 5.
Pasal itu menyatakan bahwa DPM UI hadir dalam persidangan sebagai pihak terkait yang akan memberikan keterangan atau pendapat terhadap permohonan Pemohon yang terkait dengan penafsiran Undang-Undang tentang Pemira dan peraturan DPM lainnya yang berhubungan dengan Pemira.

Selain itu, kuasa hukum termohon juga meminta ahli untuk menafsirkan pasal tersebut. Efraim menafsirkan bahwa Anggota DPM boleh hadir dan memberikan pendapat. “Tafsirnya ya kalau saya lihat, berarti sebenarnya Anggota DPM boleh hadir dan memberikan pendapat,” kata Wakil Ketua DPM FH UI 2016 itu.

(Baca Juga: Agenda Pembuktian Sidang Sengketa Pemira IKM UI Ditunda)

Sidang kembali ditunda hingga Jumat (18/11) dengan agenda pembuktian dari termohon. Di sidang selanjutnya termohon akan menghadirkan satu orang saksi dan sekitar enam sampai tujuh orang ahli.

Selanjutnya mengenai hasil putusan mengenai ditundanya penyelenggaraan Pemira IKM UI untuk peserta BEM UI, Hakim Konstitusi, William Aditya menolak untuk dimintai pendapat sampai hasil persidangan memiliki kekuatan hukum yang tetap.

 

Teks dan Foto: Diana
Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait