Indonesia Model United Nation 2011

Wednesday, 09 March 11 | 04:42 WIB

Rabu, (15/6), Dekanat FISIP UI bekerja sama dengan Mahalum, kini kembali menggelar workshop Indonesia Model United Nation atau IMUN 2011 bertemakan “Speak Up For The People And Be The Drive For A Change” di Auditorium FISIP UI jam 09.00 “ 16.00 WIB. Pembukaan workshop IMUN 2011 diawali dengan penampilan Jacoss Percussion sebagai hiburan, dilanjutkan dengan sambutan yang dibuka oleh Dekan FISIP UI, Bambang Shergi Laksmono dan Lesly Hosang sebagai Ketua Penyelenggara.

Acara workshop pertama diisi dengan tiga sesi talkshow, yang pertama mengenai Kebebasan Pers dan Media, dengan pembicara Bambang Harimurty (Editor TEMPO) dan Ignatius Hariyanto (Direktur Eksekutif Lembaga Pers dan Pembangunan). Talkshow berikutnya mengenai Lingkungan oleh David Immanuel Sihombing (Mahasiswa FT UI dan pendiri Garuda Youth Community). Terakhir mengenai Perdagangan Anak dan Wanita oleh Dewi Hughes (Artis sekaligus Duta Perdagangan Manusia RI).

“Kita sebagai mahasiswa jangan tinggal diam dengan keadaan bangsa saat ini, dimana perdagangan manusia sudah tidak manusiawi, apalagi oleh Malaysia dan Arab Saudi, ayo You must go to Act, because You are a change maker”, ungkap Dewi Hughes dalam penjelasannya. Kemudian sesi berikutnya dilanjutkan kembali setelah isoma. Selanjutnya yaitu Public Speaking oleh Dra.Indah Soekotjo, MSc (Dosen Komunikasi FISIP UI) dan Simulasi Sidang IMUN.

Sebagai hiburan terakhir, penampilan dari Musik Bengkel FT UI turut memeriahkan acara dengan permainan perkusi dari alat-alat sederhananya. Sebagai informasi, IMUN ini adalah ajang simulasi sidang United Nation, oleh para mahasiswa, terbuka untuk umum se-Indonesia sebagai delegasi, akan membahas masalah atau isu dalam maupun luar negeri, critical thinking dan expose diplomacy berikut solusiya.

Selain workshop, adapula roadshow yang telah dilaksanakan dan terakhir confference yang akan dilaksanakan pada 3 “ 5 Oktober mendatang. Lesly Hosang, ketua pelaksana mengungkapkan harapan terhadap acara ini “Harapan kami adalah untuk meneruskan event tradisi terbaik dan terbesar se-Indonesia dan juga menunjukan kepada luar bahwa kita itu tidak hanya fokus membahas masalah dalam negeri saja tapi juga isu luar negeri menjadi sorotan kami.”

Bagi teman-teman yang ingin berkontribusi terhadap perkembangan isu dalam dan luar negeri dan ingin bergabung sebagai delegasi dalam IMUN 2011, segera daftar di website indonesiamun.org, because Speak up for the people and be the drive for a change, guys!

Nadia Zahra

Komentar



Berita Terkait

Sorot Toleransi, Talkshow dan Workshop Diadakan untuk Merawat Keberagama(a)n
Workshop Reduction Program Based on Community Engagement in Climate Change: Program Pengurangan Limbah Berkelanjutan