Jelang Musim Hujan, Sekelompok Mahasiswa Ciptakan Sepatu Anti Air

Wednesday, 02 December 15 | 02:41 WIB

Jakarta – Sekelompok mahasiswa Prasetya Mulya memperkenalkan sepatu anti air dalam kompetisi rancangan bisnis ACES UI 2015 yang diselenggarakan oleh Program Vokasi Akuntansi UI. Sepatu yang diberi nama Valour ini menawarkan solusi untuk menghadapi musim hujan yang sudah hadir di depan mata.

Adhi Bagaskoro, Andreas, Jeanny Rosita, Kevin Apriliyo dan Precilia Janet adalah sekelompok mahasiswa yang menggagas sepatu anti air dan menjadi juara pertama dalam kompetisi rancangan bisnis ACES UI 2015.

Saat ditemui dalam rangkaian acara ACES UI 2015, Balance Market (21/11), Adhi menjelaskan bahwa ide membuat sepatu anti air  muncul dari keresahan mahasiswa dengan sepatu basah saat hujan.

Tangkapan layar 2015-11-30 00.13.57

“Valour terbuat dari bahan khusus yang biasa dipakai di kapal. Nah, bahan itu kita coba untuk diterapkan di sepatu ternyata berhasil, kalian mau lihat gak?” ujar Adhi kemudian menuangkan segelas air di atas sepatunya.

Air tersebut hanya berada diatas sepatunya beberapa detik lalu mengalir ke lantai tanpa meninggalkan bekas di sepatu Adhi, persis seperti air di daun teratai.

Bahan anti air yang digunakan oleh Valour sampai saat ini masih mengimpor dari Amerika karena belum tersedianya bahan itu di Indonesia. Meskipun demikian, material lainnya menggunakan produk lokal dan diproduksi di Bandung. Begitu juga dengan desain sepatu, Valour menggunakan desainer anak negeri. Sejauh ini, setidaknya Valour sudah memiliki empat varian desain.

Proses dari perumusan ide hingga menjadi sebuah produk sepatu anti air memakan waktu 6 bulan. Walaupun lama, hal ini sebanding dengan antusiasme pasar terhadap produk Valour. Produk Valour yang dibandrol dengan harga kisaran 400 ribu ini dijual dengan mengunakan sistem pre-order. Adhi mengatakan bahwa Valour akan terus melakukan inovasi.

“Tidak hanya untuk kompetisi ini saja. Kedepannya, kami ingin menciptakan sepatu yang bisa berubah warna kalau terkena air. Pokoknya kami akan terus menciptakan inovasi, sesuai dengan filosofi nama Valour yang artinya berani. Kami berani melakukan inovasi. Berani menghadapi apapun” ujar Adhi bersemangat.

Berbeda dengan Valour yang menawarkan inovasi dalam bidang busana, juara kedua kompetisi rancangan bisnis ACES UI 2015 menawarkan inovasi dalam dalam bentuk makanan.

Nugget Sukun ‘Getsu’ yang diciptakan oleh mahasiswa Teknik Industri Telkom University memproduksi nugget yang berbahan baku buah sukun.

Marjan Faisal, salah satu anggota kelompok Getsu menjelaskan bahwa mereka ingin mengemas buah lokal, sukun, menjadi produk makanan yang modern sehingga masyarakat khususnya mahasiswa ‘akrab’ dengan buah ini.

Selanjutnya juara tiga diraih oleh produk inovasi mahasiswa Institut Pertanian Bogor dengan nama Pine Wood Corporation.  Kelompok ini berusaha meningkatkan nilai tambah dari kayu pinus dalam bentuk produk kesenian yang di print di atas kayu tersebut.

Yudha Adnovaldi, selaku Ketua Pelaksana ACES UI 2015 mengatakan bahwa ACES UI tahun ini berusaha memberikan wadah bagi mahasiswa yang mempunyai ide-ide produk menarik dan juga inovatif.

Sebelum acara puncak berupa bazaar bertajuk Balance Market, ACES UI 2015 mengadakan kompetisi rancangan bisnis yang diikuti oleh 58 kelompok dari seluruh Indonesia.

Dari 58 kelompok tersebut dipilih sepuluh finalis dengan proposal bisnis paling baik yang kemudian diberikan pelatihan. Setelah pelatihan, kesepuluh finalis diwajibkan untuk mempresentasikan produknya hingga terpilih tiga besar kompetisi rancangan bisnis ACES UI 2015.

Tiga kelompok terpilih kemudian berkesempatan memasarkan produknya dalam bazar Balnce Market yang diadakan tiga hari berturut-turut di Mall Kuningan City Jakarta Selatan.

“ACES UI bertujuan untuk menjadi fasilitator bagi mahasiswa yang memiliki usaha. Mengingat bulan desember kita mau menghadapi MEA, sekarang saatnya menciptakan dan melakukan inovasi bisnis sendiri” tutur Yudha.

Kianti Azizah, Rosi Sofiya F. A

Foto: dokumentasi panitia

Editor: Melati Suma Paramita

Komentar



Berita Terkait