Juara 1 Mapres Nasional 2018, Evita Martha Dewi Bangga Bawa Nama Baik UI

Saturday, 14 July 18 | 07:42 WIB

Evita Martha Dewi merasa senang dan bangga bisa membawa nama baik Universitas Indonesia di kancah nasional dalam pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Nasional. Ia berhasil meraih gelar juara utama dalam kompetisi yang diselenggarakan di Kota Surakarta, dua hari lalu.

Hal ini turut dirasakan Arman Nefi selaku Direktur Kemahasiswaan UI. “Puji syukur UI meraih Mapresnas di urutan pertama untuk kelompok sarjana. Perasaan saya lega karena Mapres ini adalah kompetisi yang cukup bergengsi, (Martha -red) bisa dipanggil jadi narasumber, Duta UI, acara Kemenristekdikti.”

Arman Nefi menyayangkan karena tahun ini program Vokasi UI tidak masuk finalis Mapresnas 2018.

“Vokasi tahun lalu masuk 15 besar, tahun ini vokasi nggak masuk. Masih kalah nih vokasi kita dengan politeknik dan vokasi lain. Untuk itu perlu kita evaluasi,” kata Arman.

Mahasiswi program sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI yang akrab disapa Martha ini menilai bahwa dalam proses pemilihan Mapresnas tahun ini sudah tepat waktu dan berjalan dengan baik. Martha berkata, “Juri juga sudah kompeten di bidangnya karena ada perwakilan dari (bidang –red) IPA dan juga IPS. Tema speech Bahasa Inggris juga sesuai dengan tema besar yaitu SDGs (Sustainable Development Goals).”

Arman Nefi juga membenarkan pernyataan Martha.

“Nggak ada kendala karena kita sudah cukup berpengalaman di bidang itu. Juri-jurinya juga saling memperhatikan, sampai chat di media sosial pun diperhatikan.”

Adapun aspek penilaian di kompetisi Mapresnas kurang lebih sama seperti yang dilaksanakan di UI, yaitu CV dengan 10 prestasi terbaik, makalah yang dipresentasikan dan dipertahankan, kemampuan Bahasa Inggris, dan Psikotes.

Martha mengaku ingin sekali mewujudkan idenya yang tertuang dalam karya tulisnya yang berjudul inBank: Integrasi Lembaga Keuangan Untuk Penyaluran Kredit Mikro di Indonesia. Karya tulis Martha dapat diakses di website Kemenristekdikti. Selain itu, kontribusi Martha setelah terpilih menjadi Mapres Nasional adalah tergabung dalam Generasi Baru Bank Indonesia, yaitu organisasi penerima beasiswa Bank Indonesia dan turut membantu Bank Indonesia untuk mendukung proyek-proyek sosial.

“Always follow your passion and make it happen!” pesan Martha kepada seluruh mahasiswa, khususnya mahasiswa UI.

“Jadi usahakan ikut lomba yang sesuai dengan minat dan bidang kamu dan jangan jadikan Mapres sebagai tujuan akhir, tapi menjadi target dan nantinya akan menjadi batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih besar.” paparnya.

Teks: Alfa Tirza Aprilia
Foto: Istimewa
Editor: Kezia Estha T.

Komentar



Berita Terkait

Angga Wiratama Lokeswara Persiapkan Mapres Sejak Maba
Mengulas Integrasi Finansial dalam The 14th ICMSS
Kompetisi Prestasi di Ajang Mapres 2012