Kadep Kastrat BEM FKG UI Kecewa Terhadap Aliansi Aksi RKUHP

Tuesday, 13 March 18 | 08:16 WIB

Saat diwawancara di Halte Stasiun UI pada hari Senin (12/3) Ghiyats Naufal Kusuma selaku Kadep Kastrat BEM FKG UI mengungkapkan kekecewaanya terhadap aliansi aksi RKUHP.

“Ya sebenernya lebih ke ini sih miskomunikasi sama ya gak ada follow up lagi. Makanya mungkin ya sedikit menyatakan kekecewaan lah terhadap aliansi (aksi RKUHP -red) ini yang agak ya… mungkin ah koordinasinya musti dievalusilah ke depannya. Tapi ya itulah sikap BEM FKG, kita yaudah akhirnya keluar aliansi,” jelasnya

Baca juga: BEM UI dan BEM FIB Tak Ikut Aliansi RKUHP

Tak hanya itu, Ghiyats juga merasa kecewa saat BEM FKG UI terlambat diundang di grup aliansi, “Jadi baru di-invite itu hari Selasa, jam tujuh malem kalau gak salah, nah terus habis itu ya udah. Itu kan timeline-nya berarti kan pokoknya Rabu-Kamis itu kalo gak salah propaganda, terus hari Jumat itu ada diskantek. Hari Sabtu beraksi kan? Berarti kan sekitar ada empat hari, di mana kita baru join dan langsung harus mengikuti ritme dan timeline gerakannya kan? Tanpa kita diajakin kumpul terlebih dahulu gitu. Nah ketika di dalam group aliansi itu ya udah paling cuma di-floor-in, ‘Oh okay, oh ya guys kita publikasi ya malam ini, misalnya,” tuturnya.

Sedangkan mengenai alasan utama BEM FKG walk out dari aliansi RKUHP dikarenakan miskoordinasi gerakan, “Tapi di sini mungkin FKG akan lebih menyoroti di miskoordinasi gerakan aja, karena itu yang menjadi alasan utama kita kenapa mungkin kita keluar gitu,” jelas Ghiyats.

Selanjutnya, Ghiyats mengungkapkan bahwa BEM FKG UI sempat tidak diajak kumpul aliansi, “Hari Selasa di mana katanya sih, kata BEM-BEM lain, hari senin itu udah ada ngumpul aliansi tapi (BEM -red) FKG saat itu belum diajak bahkan belum di-invite ke grup hari Senin itu,”tuturnya.

Kemudian Ghiyats sedikit menyayangkan dengan tidak adanya diskusi ketika Organ Ekstra Kampus masuk dalam aliansi, “Meluruskan, intinya diskusilah diskusi ternyata mau ada organ ekstra yang masuk dan sebagainya. Tapi di situ gak ada koordinasi sama sekali. Bahkan langsung invite gitu. Jadi kayak, mereka langsung masuk gitu. Jadi kita gak ada diskusi dulu gitu,” jelas mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UI angkatan 2016.

Sedangkan mengenai kapan tepatnya BEM FKG UI memutuskan untuk walk out, Ghiyats mengatakan bahwa BEM FKG UI memutuskannya H-1 aksi, “Iya H-1 aksi,” pungkasnya.

 

 

Teks: Halimah Ratna Rusyidah
Foto: Istimewa
Editor: Kezia Estha T.

Komentar



Berita Terkait