KAMPUNG DIGITAL: BAKTI VOKASI KOMUNIKASI UI UNTUK KOTA DEPOK

Tuesday, 07 May 19 | 02:21 WIB

DEPOK, 2 April 2019 – Sebagai bentuk respon terhadap riuhnya kemajuan teknologi digital, Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia menginisiasi program pengabdian masyarakat Kampung Digital dengan tema Internet Ramah Anak. Program ini didedikasikan untuk Kota Depok sebagai bentuk kepedulian terhadap pemanfaatan teknologi internet yang bertanggung jawab dan sesuai usia. Peluncuran akbar program ini diadakan pada tanggal 27 April 2019 di Lapangan RW 019, Kelurahan Mekarjaya, Depok.

Acara peluncuran akbar ini turut mengundang Rita Nurlita, selaku pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA), dan Shanaz Haque, pembawa acara Buah Hatiku Sayang di TVRI. Kedua pembicara ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para orangtua mengenai implementasi Internet Ramah Anak.

Kampung Digital merupakan program berkelanjutan dalam bentuk lokakarya yang akan diadakan setiap akhir pekan di Kelurahan Mekarjaya dengan target peserta anak-anak usia 6-12 tahun. Lokakarya akan diampu anggota Himpunan Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI. Lokakarya yang memberikan materi mengenai pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana pembelajaran ini diharapkan mampu membuat anak-anak Kelurahan Mekarjaya mampu menggunakan internet bukan hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran.

Himpunan Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI juga akan bekerja sama dengan komunitas-komunitas di daerah Depok untuk berpartisipasi sebagai pengajar lokakarya Kampung Digital. Hal ini diharapkan menjadikan Kampung Digital sebagai wadah pemberdayaan anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas untuk memberikan kontribusinya kepada masyarakat.

“Kami berharap acara ini bisa menjadi kolaborasi yang solid antara UI dengan komunitas untuk membangun sebuah program yang solid dan bermanfaat,” kata Sasthi Nandani, project officer dari peluncuran akbar Kampung Digital.

Internet Ramah Anak sendiri merupakan suatu konsep yang sedang digadangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengenai filtrasi konten internet yang sesuai dengan usia anak-anak.

Melalui program Kampung Digital, para orangtua dan anak-anak Kelurahan Mekarjaya diharapkan mampu untuk melakukan memilah konten internet yang sesuai dengan usia anak. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu menggunakan internet sebagai sarana edukasi semaksimal dan seefisien mungkin untuk terus berjalan beriringan dengan kemajuan zaman.

Untuk informasi selengkapnya mengenai program Kampung Digital, kunjungi laman Instagram resmi Kampung Digital (@kampungdigital2019) atau hubungi Andini Putri Salma melalui (+62857-8009-2229).

 

Tentang Vokasi Komunikasi Universitas Indonesia

Program Studi Komunikasi, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia adalah program studi yang mempersiapkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas, dan memiliki wawasan dan orientasi kewirausahaan dalam bidang Komunikasi. Vokasi Komunikasi memiliki tiga peminatan, yakni peminatan penyiaran, periklanan, dan hubungan masyarakat. Program ini telah berdiri sejak tahun 2008.

 

Contact Person

Public Relation and Publication

Andini Putri Salma (+62857-8009-2229)

Komentar



Berita Terkait