Kampung Digital : Program Melek Teknologi di Masyarakat

Wednesday, 01 May 19 | 03:45 WIB

Suasana ramai dan antusias terlihat di Grand Launching Kampung Digital pada Sabtu, 27 April 2019. Acara yang digelar oleh Vokasi Humas dan HM Vokom UI diadakan di Kelurahan Mekarjaya, Depok dan dibuka dengan penampilan Marching Band RW. 19. Grand launching Kampung Digital bertema “Internet Ramah Anak” ini dihadiri oleh warga Kelurahan Mekarjaya, Depok. Kampung Digital merupakan program pengabdian masyarakat yang diadakan berdasarkan mata kuliah vokasi humas untuk mengerjakan project professional seperti EO.

Program ini akan beroperasi sepanjang tahun 2019 yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai teknologi digital saat ini. “Untuk itu diperlukan sebuah upaya sistematis untuk mulai merangkul mereka dengan membekali anak dan remaja agar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang memadai dalam pergaulan sosial di rumah, sekolah dan masyarakat. Digital merupakan 2 bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan anak dan remaja dewasa ini,” tambah Rangga Wisesa, Pengajar Vokasi Humas.

Kegiatan edukasi ini akan rutin dilaksanakan tiap minggunya dalam bentuk pelatihan dasar digital selama 6 bulan kedepan dengan membawakan tema dan pelatihan yang berbeda. diantaranya pelatihan ketrampilan dasar digital seperti ketrampilan fotografi, olah foto, membuat tulisan, kemampuan editing serta membangun branding positif di media sosial seperti Facebook atau IG.  Pelatihan akan diisi oleh Mahasiswa Himpunan serta Dosen Vokasi Humas. Himpunan Mahasiswa Vokasi Komunikasi UI akan melibatkan komunitas-komunitas masyarakat untuk berpartisipasi sebagai pengajar di Kampung Digital. Pengabdian masyarakat Kampung Digital juga berkolaborasi dengan pemerintah Kota Depok dalam rangka memeriahkan ulang tahun kota Depok.

Menurut Devie, Kaprodi Vokasi Humas UI untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi digital, semua orang harus bisa dan fasih dalam menggunakan teknologi internet. Besar harapan agar kelurahan Mekar Jawa Depok menjadi maju dan memahami teknologi. Literasi digital juga harus ditingkatkan kepada masyarakat, agar tidak terpapar pemikiran-pemikiran yang berujung pada aksi radikalisme. Untuk mecegahnya adalah kemampuan untuk membaca, membedakan dan menyerap informasi positif dan produktif di handphone masing – masing.

Acara dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan Rita Nurlita, selaku pendiri Komunitas Internet Sahabat Anak (KISA), Shanaz Haque, Aktivis Peduli Anak dan Amelita Lusia, Co-Founder Klinik Digital Vokom UI. Dalam talkshow ini, para orang tua yang datang ke grand launching ini diberikan parenting educaton bagaiman cara menangani dan mendidika anak di era digital saat ini. “Mendidik anak tidak bisa dengan cara yang kasar, hal tersebut justru membingungkan bagi anak apabila kita tak tahu penanganannya” Ujar salah satu pembicara.

Teks: Faizah Diena Hanifa
Foto: Istimewa
Kontributor: Kezia Estha
Infografis: Dimas Alif
Editor: Grace Elizabeth

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Dibalik Kebijakan Secure Parking Kampus UI
Pemilihan Rektor UI 2019: MWA UI UM dan BEM UI Tanggapi Animo Mahasiswa yang Masih Kurang
Hewanku Sayang, Hewanku Malang: Kontroversi di Balik Penertiban Hewan di UI
Perubahan KAMABA 2019