Klarifikasi Kedua Pasang Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM UI 2019 Terkait Sokongan Dana

Tuesday, 27 November 18 | 07:32 WIB

Eksplorasi Pemilihan Raya Universitas Indonesia (Pemira UI) 2019 kembali dilanjutkan di Fakultas Hukum (FH) UI pada Senin (26/11). Dalam sesi eksplorasi untuk Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI 2019 dibuka dengan penyampaian visi dan misi serta program kerja pasangan calon (paslon). Eksplorasi ini dihadiri oleh dua panelis. Dalam sesi panelis, isu sokongan dana kampanye dari pihak luar dibahas untuk kedua pasang calon.

Menanggapi hal tersebut, pasangan nomor urut 1, yaitu Alfian Tegar Prakarsa dan Muhammad Akbar Buana Tafsili menyatakan bahwa seluruh dana kampanye berasal dari pihak mereka sendiri baik tim sukses hingga kerabat.

“Di sini kami mau meluruskan juga, bahwa dana kampanye Tegar-Akbar ini murni dari kami pribadi. Dari kita magang, dari saudara-saudara kami, serta dari ayah-ibu kami,” kata Akbar.

Lalu, Tegar juga menambahkan bahwa mereka telah membuka transparansi dana kampanye yang dapat dilihat di akun Instagram masing-masing.
“Mungkin temen-temen kalau ingin lihat transparansinya bisa buka di Instagram kita, di akbartafsili atau alfiantp,” ungkapnya.

Senada dengan Tegar dan Akbar, Muhammad Rifadli selaku Calon Wakil Ketua BEM UI nomor urut 2 memastikan bahwa tidak ada aliran dana dari pihak-pihak luar. Ia juga menambahkan bahwa akan ada transparasi dana yang akan diberikan dalam waktu dekat.

Kemudian, Manik selaku Calon Ketua BEM UI nomor urut 2 mempertanyakan tentang tuduhan-tuduhan tersebut.
“Jika kemudian memang terbukti ada yang seperti itu (mendapat aliran dana dari luar -red) kami juga berani untuk mempertanggungjawabkannya dan kami juga berani untuk mengembalikannya,” tutup Manik.

Teks: Faizah Diena Hanifa dan Muhamad Aliffadli

Foto: Muhamad Aliffadli

Editor: Halimah dan Kezia

#PEMIRAIKMUI2018

Komentar



Berita Terkait

Eksplorasi FIB UI: Kedua Paslon BEM UI Beri Pandangan Isu Kekerasan Seksual
Calon MWA UI UM 2019 Utarakan Pendapat Pemindahan Bedeng dan Transparansi Kinerja Rektor
Eksplorasi Pemira di FT UI: Kedua Paslon BEM UI 2019 Paparkan Gagasan Perihal Komersialisasi Lahan Parkir
Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI