Klinik Satelit Makara Gunakan Kartu BPJS dan Kartu UI Sehat

Friday, 12 July 19 | 02:05 WIB

Adanya perubahan-perubahan regulasi yang dilakukan oleh pihak rektorat Universitas Indonesia baru-baru ini ternyata juga termasuk perubahan dalam bentuk pelayanan dan penggunaan kartu asuransi kesehatan di Klinik Satelit Makara Universitas Indonesia. Mahasiswa yang awalnya hanya perlu membawa Kartu Mahasiswa dan pasfoto, sekarang diharuskan untuk membawa kartu asuransi kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sehat (BPJS) atau Kartu UI Sehat. Peraturan ini sudah mulai diterapkan semenjak tanggal 1 Juli 2019 dan sudah disosialisasikan semenjak satu setengah bulan yang lalu melalui suat-surat ke pemimpin, dekan-dekan fakultas, dan media sosial milik Klinik Satelit Makara UI. Nyatanya, masih banyak dari pihak mahasiswa yang mengaku belum mengetahui apa-apa perihal perubahan pelayanan di Klinik Makara Satelit UI maupun penggunaan kartu asuransi BPJS atau Kartu UI Sehat.

Menurut narasumber yang Suara Mahasiswa wawancarai pada hari Senin tanggal 8 Juli 2019, Dhanasari Vidiawati selaku kepala manajemen Klinik Makara UI, adanya pembagian jadwal pelayanan bagi pemilik kartu BPJS dengan nonBPJS bertujuan agar semua orang yang berobat ke klinik Makara UI dapat memindahkan Fasilitas Kesehatan (Faskes) kartu BPJS masing-masing ke Klinik Makara UI. Narasumber mengakui bahwa kebijakan tersebut diberlakukan berdasarkan Perpres No. 82 Tahun 2018 yang mewajibkan pendaftaran ke BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 1 Januari 2019 untuk warga yang belum didaftarkan oleh perusahaan/badan usaha tempatnya bekerja dan warga bukan penerima bantuan iuran.

“Karena klinik kami berada di wilayah Indonesia, tentu saja kami ingin ikut mensukseskan program pemerintah,” ujar Dhanasari Vidiawati.

Adapun pembagian jadwal pelayanan bagi pengguna kartu BPJS adalah pukul 08.00-20.00 untuk poli umum (khusus hari Sabtu hanya sampai pukul 16.00), dan pukul 08.00-16.00 untuk poli gigi (hari Senin-Jumat). Sementara, untuk pengguna kartu nonBPJS akan mendapatkan pelayanan pada pukul 16.00-20.00 untuk poli umum (Khusus hari Sabtu mulai dari pukul 08.00-16.00), pukul 13.30-16.00 untuk poli gigi (hari Senin-Jumat), dan untuk laboratorium, pengguna kartu BPJS maupun nonBPJS mendapatkan pelayanan mulai pukul 08.00-16.00 (hari Senin-Sabtu).

Kemudian, khusus untuk bagian psikologi, tidak ada pembagian pelayanan pengguna kartu BPJS maupun nonBPJS atau bebas karena psikologi tidak termasuk ke dalam layanan BPJS. Meskipun begitu, narasumber mengharapkan mahasiswa untuk tetap memindahkan BPJS masing-masing ke Klinik Satelit Makara UI untuk berjaga-jaga apabila mahasiswa ingin sekalian berobat ke poli yang lain.

Selanjutnya, narasumber juga menjelaskan terkait penggunaan kartu UI Sehat dan Kartu BPJS Kesehatan di Klinik Satelit Makara UI. Kartu UI Sehat adalah kartu yang dikeluarkan oleh Klinik Satelit Makara UI hanya untuk mahasiswa UI yang tidak dapat memindahkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat primer BPJS-nya ke Klinik Satelit Makara, tidak mempunyai kartu BPJS Kesehatan tetapi mempunyai Kartu Indonesia Sehat, mempunyai kartu BPJS Kesehatan tetapi faskes primernya tidak bisa dipindahkan karena merupakan kartu BPJS PIB yang pembayarannya oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Mahasiswa pemilik Kartu UI Sehat akan mendapatkan pelayanan di jam-jam yang seharusnya hanya untuk pengguna kartu BPJS Kesehatan.

Sedangkan untuk mendapatkan Kartu UI Sehat, mahasiswa dapat datang ke Klinik Satelit UI Makara lantai 3 di ruang administrasi, dengan membawa Kartu BPJS, KTM, dan menunjukkan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Selain itu, mahasiswa yang memiliki BPJSnya dapat memindahkan faskes kartu BPJS kesehatannya. Pada umumnya, faskes yang dipilih oleh orang yang baru mendaftar BPJS adalah faskes yang berlokasi paling dekat dari domisilinya. Ternyata, pilihan faskes ini dapat diubah hanya melalui aplikasi yang udah disediakan oleh BPJS Kesehatan yaitu mobile JKN. Cukup dengan Log In ke aplikasi Mobile JKN yang sudah diunggah di smartphone, mahasiswa dapat mengubah biodatanya dengan mengubah Kepesertaan ke KPRJ Klinik Satelit UI Makara. Dengan begitu, mahasiswa dapat memindahkan faskesnya sendiri tanpa harus memindahkan faskes anggota keluarganya.

Sistem tersebut juga berlaku bagi mahasiswa baru UI, mahasiswa baru UI diharapkan untuk mengubah memindahkan faskesnya ke Klinik Makara UI.Dhanasari mengungkapkan bahwa, apabila kepesertaan BPJS Klinik Makara UI sudah mencapai setengah dari populasi mahasiswa UI atau sudah berlaku secara efektif dan efisien, kedepannya ada kemungkinan pelayanan pada jam tertentu untuk pengguna BPJS dan nonBPJS akan disamakan.

 

 

Teks : Fira Izdihar

Kontributor: Nada Salsabila

Foto : Istimewa

Editor : Muhamad Aliffadli

Komentar



Berita Terkait

Forum Terbuka Ungkap Alasan Adanya Secure Parking
Uji Coba Sejak Minggu Lalu, Ini Rute Operasi Transjakarta di UI
Pemira UI 2019: Kebijakan Baru Terkait Sistem Pemungutan Suara dan Kriteria Calon Peserta
Nasib Bus Kuning di Universitas Indonesia