Laboraturium Riset Bahasa Isyarat FIB UI Berencana Helat Pekan Berbahasa Isyarat di UI

Friday, 18 March 16 | 07:57 WIB

“Kami sedang mempersiapkan pekan berbahasa isyarat di UI, rencananya di Rotunda,” ungkap Rahyono, Kepala Departemen Linguistik FIB UI, saat ditemui Kamis (10/3). Acara tersebut bertujuan untuk mengenalkan bahasa isyarat di UI.

Baca : (Gerkatin dan Pemerintah Akan Bertemu Bahas Bahasa Isyarat Indonesia)

Rahyono menambahkan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) FIB UI saat ini tengah memberikan pelatihan bahasa isyarat kepada para staf setiap minggunya selama tiga bulan.

”Setelah para staf, kami akan memberikan pelatihan juga ke dosen”. Ia menjelaskan bahasa isyarat bukan hanya untuk teman Tuli, ”kami juga harus bisa berbahasa Isyarat,” tutur Rahyono.

LRBI UI telah membuka mata kuliah Bahasa Isyarat di UI. Selain itu, LRBI UI juga telah menyusun dua Kamus Bahasa Isyarat daerah Jakarta dan Yogyakarta. Dana pembuatan kamus berasal dari Nippon Foundation. “Kami sedang mengerjakan penyusunan kamus daerah lainnya,” ungkapnya.

Laboratorium Riset Bahasa Isyarat UI dikelola oleh Departemen Linguistik FIB UI untuk menggarap riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bahasa isyarat.

Tujuan utama penyelenggaraan aktivitas pengembangan bahasa isyarat tersebut adalah menjadikan FIB UI sebagai pusat pengembangan bahasa isyarat dalam rangka mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Anggino Tambunan

Foto : Ivana Raharja

Editor : Nurhikmah Octaviani

Komentar



Berita Terkait