Lit The Nation Fest Bangkitkan Nasionalisme Dengan Musik

Tuesday, 02 April 19 | 11:02 WIB

Telah diselenggarakan acara Lit the Nation Fest pada Kamis dan Jumat lalu, 28-29 Maret 2019 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Acara ini diiniasi oleh Lit the Nation UI, sebuah gerakan kolektif yang bertujuan membawa generasi muda memaknai nasionalisme secara lebih substantif. Selain itu, acara ini juga didukung oleh Komunitas Anak Bangsa. Dalam penyelenggaraan acara, Lit the Nation UI bekerja sama dengan Studi Klub Sejarah (SKS) UI dalam menyelenggarakan talkshow serta Senar Budaya UI dalam menyelenggarakan pertunjukan musik. Mengusung tema “Nasionalisme” di kalangan pemuda, Lit the Nation Fest menghadirkan berbagai rangkaian acara, seperti bazar makanan, pameran lukisan, dan live mural. Acara talkshow dilaksanakan di Auditorium Gedung IX FIB UI sedangkan pertunjukan musik di Lapangan Parkir Gedung VIII FIB UI. Kedua rangkaian acara utama tersebut tak mematok tarif atau gratis dan terbuka untuk umum.

Kedua rangkaian acara utama tersebut dipilih karena dirasa dapat menunjukan serta meningkatkan semangat nasionalisme pemuda dalam ranah kesenian, seperti yang dituturkan oleh Daniel Mawindra dari SKS UI, “Kita berangkat dari keresahan terhadap memudarnya semangat nasionalisme di kalangan pemuda sekarang ini,” ujarnya selaku Vice Project Officer.

Lit the Nation Fest bertujuan untuk memotivasi setiap pemuda Indonesia agar bisa menjadi contoh yang baik bagi sekitarnya. Menurut Daniel, sebagai pemuda, kita bisa melakukan hal apa saja yang bermanfaat dan berguna bagi orang-orang di sekitar. Dengan melalukan hal-hal positif bagi orang sekitar, nasionalisme dapat ditumbuhkan di kalangan pemuda.

“Pada dasarnya, acara ini berawal keprihatinan kita melihat kondisi kaum pemuda sekarang yang semakin apatis dengan keadaan sekitar, serta menurunnya semangat nasionalisme dan pemahamannya, kita di sini ingin menimbulkan semangat nasionalisme di kalangan pemuda. Nasionalisme itu bisa didapatkan ketika kamu melakukan sesuatu yang bermanfaat (bagi lingkungan sekitar —red), apapun itu,” kata Daniel menjelaskan.

Rangkaian talkshow yang mengusung tema “Memantik Kesadaran Generasi Muda” memiliki enam subtema, yang terbagi dua hari pelaksanaan. Pada hari pertama, 28 Maret 2019, talkshow membawa tema “Budaya Komunikasi Hoaks”, “Isu Perempuan”, “Isu Lingkungan Hidup”, serta “Isu Kesehatan Mental”. Pada hari kedua, tanggal 29 Maret 2019, talkshow bertajuk “Musik Sebagai Media Refleksi Realita Sosial” dan berkesempatan menghadirkan Glenn Fredly sebagai pembicara utama.

Pertunjukan musik pada hari kedua juga menghadirkan berbagai musisi berkualitas diantaranya Feast, Skastra dan White Shoes and the Couples Company. Mengenai isu musik yang menjadi subtema yang diangkat, Daniel menjelaskan bahwa bermusik merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan nasionalisme di kalangan pemuda, “Selain dapat meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda, rangkaian acara tersebut juga menunjukan musisi Indonesia tidak mati dan tidak kalah dengan musisi negara lain,” kata Daniel.

Lit the Nation Fest sukses menarik pengunjung dari berbagai kalangan untuk datang dan menyaksikan pertunjukan musik. Pengunjung yang datang tak hanya mahasiswa FIB UI, tetapi banyak juga yang berasal dari fakultas lain di UI bahkan banyak pula yang bukan merupakan mahasiswa UI. Pertunjukan musik berjalan lancar dan meriah. Lit the Nation Fest terbilang sukses dalam menyelenggarakan rangkaian acaranya.

Teks: Nada Salsabila
Foto: Nada Salsabila
Editor: Grace Elizabeth

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Menyelisik Kisah Dibalik Kemenangan Syamsuri Firdaus dalam Ajang MTQ Internasional di Turki
Perubahan KAMABA 2019
UI Raih Peringkat 80 di Dunia, Direktur Kemahasiswaan Akui Bangga
Youth Finance Indonesia Ajak Milenial Learn, Save, Earn