“Mahasiswa Harus Terus Bersikap Kritis Terhadap Pemerintah”

Tuesday, 16 August 16 | 12:03 WIB

Tampil sebagai pembicara Talkshow acara Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) 2016 pada Sabtu (13/8), Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Anies Baswedan, menghimbau kepada para mahasiswa baru UI agar terus bersikap kritis terhadap pemerintah, terlepas dari siapapun pemimpinnya.

Menurut Anies, keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan dalam keberlangsungan negara. “Karena mahasiswa adalah stok pemimpin bangsa,” ujarnya di Balairung UI, Depok.

Lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut juga menyebut bahwa mahasiswa merupakan kelompok pemuda yang terdidik. Menurutnya, peran mahasiswa tidak hanya sebatas untuk diri sendiri, namun mahasiswa juga harus peduli dan bersikap kritis terhadap lingkungan di sekelilingnya.

Masih terkait dengan pentingnya sikap kritis mahasiswa terhadap pemerintah, Anies sempat menceritakan pengalamannya saat menyaksikan aksi protes mahasiswa terhadap rencana kebijakan konvensi minyak ke gas.

“Saat itu banyak yang protes soal subsidinya yang seharusnya untuk rakyat. Lalu ketika ditanya berapa subsidinya, mereka gak tahu. Anda bukan mahasiswa kalau jawabannya seperti itu,” kenang Anies dalam talkshow yang dimoderatori oleh Najwa Shihab.

Pria yang pernah menjadi Ketua Senat UGM tersebut menegaskan, mahasiswa harus mampu bergerak dengan data dan ilmu pengetahuan yang diperoleh saat kuliah. Hal itu yang membedakan mahasiswa dengan orang biasa.

Selain itu, Anies juga berpendapat bahwa setiap orang, termasuk mahasiswa, dapat berperan untuk negara di mana pun mereka berada, asalkan mampu memberi dampak yang signifikan.

“Dalam drama, ada orang yang ketika dijadikan raja itu bagus, ketika jadi hamba sahaya juga bagus,” ucapnya ketika menganalogikan peran seseorang dalam bernegara.

 

Teks     : Eri Tri Anggini

             Oktaviani Satyaningtyas

Foto     : Halimatussyadiah

Editor  : Dimas Andi Shadewo

Komentar



Berita Terkait