Mantan Mendikbud RI Ajak Mahasiswa Baru Manfaatkan Waktu Kuliah

Tuesday, 16 August 16 | 12:10 WIB

Anies Baswedan, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), mengajak para mahasiswa baru untuk memanfatkan waktu kuliah yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. Hal itu ia sampaikan dalam talkshow acara Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia (OKK UI) 2016, Sabtu (13/8).

Agar waktu tidak terbuang sia-sia, pria yang pernah menjadi Ketua Senat Universitas Gadja Mada tersebut menjelaskan, setiap mahasiswa perlu membuat perencanaan spesifik mengenai target dan pencapaian yang diinginkan selama masa kuliah.

“Targetkan dari sekarang, bukan sekadar lulus jadi sarjana,” ucap Anies dalam talkshow yang berlangsung di Balairung UI, Depok.

Salah satu target yang bisa dibidik oleh mahasiswa saat kuliah adalah perolehan angka Indeks Kumulatif (IP). “Lama waktu kuliah bisa disesuaikan oleh tiap mahasiswa, tapi target nilai IP harus di atas standar beasiswa full bright S2,” tutur Anies memberi contoh.

Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, tersebut juga mengingatkan mahasiswa baru agar tidak berpuas diri atas pencapaiannya memasuki jenjang pendidikan tinggi. Dirinya berpendapat, keberhasilan menjadi mahasiswa baru merupakan awal dari perjuangan.

Anies mengklaim bahwa menjadi seorang mahasiswa tidak cukup hanya menjadi pintar di dalam kelas saja, namun perlu diimbangi dengan kegiatan pengembangan diri seperti berorganisasi.

“Pengembangan diri perlu ditingkatkan. Silakan jadi aktivis di luar dan di dalam kelas,” pesannya.

Ayah dari empat anak tersebut menjelaskan bahwa dengan mengikuti organisasi, akan banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa.

“Dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akan belajar untuk menghadapi dan mengelola konflik. Terutama sebagai mahasiswa UI, kesempatan tersebut terbuka sangat lebar,” terangnya di hadapan sekitar 7.300 mahasiswa baru UI.

 

Teks     : Eri Tri Anggini

              Oktaviani Satyaningtyas

Foto     : Halimatussyadiah

Editor  : Dimas Andi Shadewo

Komentar



Berita Terkait