Melatih Otak Berpikir Positif

Saturday, 08 July 17 | 08:50 WIB

Selalu berpikir positif dalam menjalani kehidupan memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, terus mencoba untuk berpikir positif tidak sesulit yang dibayangkan.

Dilansir dari nytimes.com, Barbara Fredrickson, seorang psikolog di University of North Corolina bersama rekannya telah menunjukkan bahwa otak mampu menghasilkan sel-sel baru yang memungkinkan untuk melatih melakukan respon yang lebih positif.

Artinya, seseorang dapat belajar untuk menjadi lebih positif dengan berlatih keterampilan tertentu yang mendorong pola pikir positif.

Dalam penelitiannya, Barbara menunjukkan, sejauh mana seseorang dapat menghasilkan emosi positif dalam kegiatan sehari-hari dapat menentukan pula sejauh mana seseorang dapat berkembang menjadi pemikir positif.

Studi tersebut memaparkan bahwa sedikit perasaan positif yang diulang akan menjadi penyangga stres dan depresi sehingga menumbuhkan kesehatan baik fisik maupun mental.

Singkat kata, seseorang tidak harus selalu berperasaan positif untuk menjadi sehat dan bahagia. Pasalnya, ada waktu dan kondisi yang dialami seseorang akan menciptakan perasaan negatif.

Untuk menumbuhkan emosi postif dapat dilakukan dengan melakukan hal baik untuk orang lain, merasa bersyukur dengan keberadaan hal-hal di sekeliling, membangun hubungan sosial yan kuat.

Selain itu, menentukan tujuan dengan realistis dan belajar sesuatu yang baru seperti olahraga, bahasa, atau instrumen dapat menumbuhkan emosi positif.

“Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengambil waktu untuk mempelajari keterampilan untuk diri menghasilkan emosi positif dapat membantu kita menjadi lebih sehat, lebih sosial, versi yang lebih tangguh dari diri kita sendiri,” ujar Fredrickson dalam National Institutes of Newsletter bulanan Kesehatan pada tahun 2015.

Adapun  yang lebih penting ialah memilih untuk menerima diri sendiri, termasuk kekurangan. Pasalnya, merenungkan masalah masa lalu atau kesulitan di masa depan dapat menguras mental dan mencuri kesenangan saat ini.

 

Teks: Eliza Pricilia Purba 

Foto: Sumber Istimewa

Editor: Eri Tri Anggini

Komentar



Berita Terkait