Di Mana Transparansi BEM UI 2014?

Tuesday, 01 April 14 | 02:11 WIB
coba nulis caption

Mendapatkan informasi publik adalah hak setiap orang. Di Indonesia, ini telah dikumandangkan sejak masa Reformasi 1998.

Saat ini, kewajiban badan publik untuk memberikan informasi publik sudah diatur lewat Undang-Undang Nomor 14, Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik. Dalam peraturan tersebut tercantum kewajiban badan publik untuk menyediakan, memberikan dan menerbitkan informasi publik yang berada dibawah kewenangannya.

Peraturan ini dibuat untuk menjamin tata kelola badan publik yang baik: yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparansi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses pengambilan suatu kebijakan publik.

Dalam lingkup UI, Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan badan publik di kampus kita. Namun, hingga menjelang seratus hari masa kerja lembaga ini yang jatuh pada 17 April nanti, hal tersebut belum sepenuhnya dilakukan. Sosialisasi program kerja sebagai bentuk kebijakan publik yang mereka buat hampir tidak ada.

Padahal lebih lanjut dalam peraturan perundang-undangan di atas badan publik harus membangun dan mengembangkan sistem informasi dan dokumentasi untuk mengelola Informasi Publik secara baik dan efisien sehingga dapat diakses dengan mudah.

Dalam hal ini, BEM UI sebenarnya bisa menggunakan situs internetnya (bem.u.ac.id) sebagai media sosialisasi. Tapi belum mereka lakukan.

Tidak transparannya program kerja BEM UI 2014 patut mendapat perhatian, mengingat tahun  kepengurusan mereka adalah tahun politik. Sejak awal tahun kita telah melihat beberapa program kerja BEM UI terkait Pemilu. Beberapa program kerja dibawah tagline #suarakupenting, seperti sosialisasi Pemilu dari “pintu ke pintu” rawan “sisipan”.

Maka dari itu, transparansi BEM UI 2014 sebagai badan publik perlu dipertanyakan! Partisipasi seluruh mahasiswa UI dalam pengambilan keputusan BEM juga harus diperkuat!

Komentar



Berita Terkait