Mengenal Jurnalis Fesyen Elle Indonesia

Monday, 20 February 17 | 08:54 WIB

Jumat (17/2) lalu telah digelar Seminar Fashion Journalism and The Quest of Technology oleh Elle Indonesia dan Polytrondi UI. Acara yang bertempat di Auditorium Gedung I FIB UI ini merupakan rangkaian dari Elle Indonesia Vlogger Search Goes To Campus di Kampus UI.

Erika Tania selaku Associate Fashion Editor Elle Indonesia berbagi informasi seputar dunia kerja jurnalistik dalam bidang fesyen. Ia menjelaskan, jurnalis fesyen di majalah Elle Indonesia terdiri dari editor in chief, managing editor, art director, dan editor-editor yang dibagi ke dalam tiga divisi yaitu; fashion, beauty and health, dan lifestyle.

Dalam divisi fashion misalnya,  fashion editor bertanggung jawab atas semua konten fesyen dalam majalah, bekerjasama dengan fashion stylist dan fashion assistant.

We have so many interns seumuran kalian mengira kalau kerja di fashion itu all about glamour and glam, padahal fashion is not only about that,” ujar Erika. Ia mengungkapkan bahwa bekerja di dunia jurnalistik fesyen memang lebih kompleks dari yang terlihat.

Seperti fashion stylist yang selama ini dikira hanya berurusan dengan pakaian para model. Dalam jurnalisme fesyen, fashion stylist bekerja mulai dari mengatur konsep pemotetran, memimpin berjalannya sesi foto model, mengatur gaya pada saat sesi foto, meminjam baju pada brand-brand fashion, menentukan gaya pakaiannya, dan lain-lain.

“Dalam dunia kreatif everything itu have to be fast,” tutur Erika. Ia mengugkapkan bahwa dinamika dunia kerja dalam jurnalisme fesyen tidak jauh dari hal-hal yang mendadak dan serba cepat, seperti yang ditunjukan dalam film “The Devil Wears Prada”.

Menurut Erika, seorang jurnalis fesyen tidak hanya dituntut memiliki pengetahuan tentang istilah-istilah dan siklus fesyen, melainkan juga harus mampu berkomunikasi mengenai sejarah dan budaya, karena sudut pandang seorang jurnalis fesyen memiliki pengaruh yang besar pada pembaca. “It’s all about selling perspective,” ujarnya.

Teks: Allisa Meinada

Foto: Wafa Hasnaghina

Editor: Riani Sanusi Putri

Komentar



Berita Terkait