Mengintip Megahnya Gedung Pusgiwa Baru

Thursday, 20 September 18 | 05:49 WIB

Area Gedung Pusgiwa baru di Universitas Indonesia (UI), Depok akhirnya telah mencapai tahap penyelesaian. Terlihat dari luar, Gedung Pusgiwa baru terdiri dari 7 lantai di atas lantai dasarnya. Memasuki area tengah Pusgiwa baru di lantai dasar, mahasiswa akan disambut oleh gemericik air kolam indoor. Keadaan lantai dasar kini masih terbentang luas belum terisi dengan kolam ikan yang mengelilingi plaza tengah dan Mushala di sudut ruangan.

Selanjutnya, lantai dasar direncanakan juga akan diisi dengan Cafe seperti di Perpusat UI dan kantin bersih. Kantin bersih adalah kantin yang direncanakan menyajikan makanan cepat saji tanpa perlu memasak. “Cukup dihangatkan saja, yang pakai listrik,” ujar Arman Nefi selaku Direktur Kemahasiswaan UI.

Kemudian, gedung Pusgiwa baru juga dilengkapi dengan auditorium yang diperkirakan mampu menampung 500 orang. Selain itu, gedung ini difasilitasi dengan 2 ruang basement, 8 bilik meeting room, 13 ruang kelas, 2 ruang latihan teater dan sinematografi, 2 ruang musik, 2 ruang latihan tari, robotic hall, ruang studio dan 2 ruang latihan bela diri.

Lalu, saat ditanya mengenai dana, Arman Nefi menjawab bahwa perkiraan dana berada di angka-angka sekitar 90 miliar. Dana tersebut dikonfirmasi berasal dari dana UI sendiri.

“Di sini aktivitas,” ujar Arman Nefi untuk menekankan fungsi utama dari Gedung Pusgiwa baru.

Sedangkan, saat ditanya mengenai pemindahan ruang Sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI, Arman memastikan tidak ada yang pindah ke gedung baru kecuali UKM seperti Radio Telekomunikasi Cipta UI (RTC UI) yang mendapatkan ruang studio di Pusgiwa baru dan Tim Robotik UI mendapatkan robotic hall di lantai paling atas atau lantai 7.

 

 

Teks: Anggito Zhafranny
Infografis: Vega Mylanda
Editor: Halimah Ratna Rusyidah dan Kezia Estha T.

Komentar



Berita Terkait