Mengulas Integrasi Finansial dalam The 14th ICMSS

Sunday, 01 March 15 | 12:25 WIB

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI, menggelar acara di bidang pasar modal melalui The 14th Indonesia Capital Market Student Studies (ICMSS). Rangkaian seminar, pelatihan, dan konferensi itu diadakan pada tanggal 26-28 Februari 2015.

Dengan mengangkat tema utama “Financial Integration: The Cornerstone of Borderless Financial Age”, The 14th ICMSS membahas proses perkembangan ketika pasar keuangan suatu negara menjadi terintegrasi secara global. Integrasi itu akan memudahkan investor mendapat kesempatan berinvestasi di pasar yang paling menguntungkan. Selain itu, didiskusikan pula keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan mengingat pentingnya integrasi ini dalam membentuk keuangan internasional.

Tema utama itu dibahas dalam enam sesi seminar yang diadakan di Auditorium FEB UI. Sementara itu, di sesi pelatihan, peserta diajarkan mengenai analisa teknis dan fundamental dalam menganalisa saham. Pelatihan tersebut berlangsung pada tanggal 28 Februari 2015 di Student Center FEB UI.

Pembicara dari kalangan profesional, praktisi, dan akademisi turut mengisi acara ini, seperti Friderica Widyasari selaku Development Director of IDX, Isa Rachmatarwata selaku Expert Staff of Financial Service and Capital Market Policy Ministry of Finance Indonesia, Destri Damayanti selaku Chief Economist Bank Mandiri, Fauzi Ichsan selaku Commisioner of LPS, dan Nurhaida selaku Chief Executive Functioning as Capital Market of OJK.

Selain itu, hadir pula Winston Stual selaku President Director of Panin Asses Management, Abiprayadi Riyanto selaku President Director of Mandiri Sekuritas, Hari Purnomo selaku Director of Indonesia SIPF, Bimo Notowidigdo selaku Head of Treasury of BNI, dan Fadila Kartikasari selaku Director of Pasar Modal Syariah OJK.

Selain seminar dan pelatihan, rangkaian acara The 14th ICMSS juga diisi dengan konferensi internasional yang merupakan satu-satunya konferensi tentang pasar modal yang pernah diadakan mahasiswa di Indonesia. Konferensi  tersebut dihadiri oleh 24 tim delegasi yang datang dari berbagai universitas dari dalam maupun luar negeri.

Di tahun keempat belas ini, ICMSS diharapan dapat menjadi pusat pembelajaran mengenai pasar modal untuk mahasiswa seluruh Indonesia maupun luar Indonesia.

Dara Adinda Kesuma Nasution

Foto: Melati Suma Paramita

Komentar



Berita Terkait

Calon MWA UI UM 2019 Ungkap Pendapatan FEB UI
Juara 1 Mapres Nasional 2018, Evita Martha Dewi Bangga Bawa Nama Baik UI