Menristekdikti Resmikan RSUI

Friday, 15 February 19 | 08:12 WIB

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) telah resmi dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir. Peresmian ini diselenggarakan di komplek RSUI yang tidak hanya dihadiri oleh Menristekdikti, tetapi juga didampingi oleh Ishii Masafumi selaku perwakilan dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, Muhammad Anis selaku Rektor UI, serta Julianto Witjaksono dan Theodorus M. Tuanakotta selaku Dewan Pengawas RSUI, Rabu (13/2).
Peresmian rumah sakit yang berlokasi kurang lebih 100 meter dari Stasiun Pondok Cina ini menandakan telah dibukanya pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum mengingat sebelumnya layanan kesehatan di RSUI hanya dibuka bagi sivitas akademika UI dan para staff di lingkungan UI saja ketika dibuka pada 22 November 2018 silam. Pelayanan kesehatan yang tersedia di RSUI antara lain klinik umum, anak, penyakit dalam, kebidanan dan kandungan bedah, saraf, jantung, gizi, mata, jiwa, kulit dan kelamin, urologi, pulmonologi, klinik gigi, radiologi. RSUI sendiri beroperasi mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB. Rumah sakit yang baru saja diresmikan ini juga memberikan penawaran pelayanan kesehatan khusus hingga 28 Februari 2019 mendatang.

Tersedianya berbagai layanan kesehatan RSUI sendiri sejalan dengan konsep Rumah Sakit Pendidikan yang memiliki pelayanan kesehatan satu atap atau One Stop Health Services. Selain dari konsep pelayanan kesehatan, bangunan RSUI menggunakan konsep hijau yang ramah lingkungan, namun tetap efisien bagi bangunan rumah sakit yang modern. Semua konsep yang dijalankan, mulai dari pelayanan hingga bangunan, dikarenakan keinginan RSUI untuk menjadi rumah sakit yang prima bagi masyarakat. “Kami (UI –red) ingin memberikan layanan (kesehatan –red) yang prima bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, khususnya di wilayah kota Depok,” jelas Anis selaku Rektor UI. Pelayanan yang prima juga ditunjukkan dengan kesiapan RSUI untuk menyediakan bus khusus RSUI yang telah terjadwal untuk mengantar pasien ke RSUI.

Tur untuk melihat fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya menjadi bagian dari tinjauan langsung Menristekdikti beserta jajaran dan tamu undangan yang hadir dengan pendampingan tour leader. Kegiatan tinjauan langsung tersebut juga menjadi penanda telah berakhirnya peresmian RSUI.

 

Penulis: Hani Nastiti

Foto: Riardi Solihin

Editor: Grace Elizabeth

 

Pers Suara Mahasiswa UI 2019

Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Aksi Untuk Negeri Angkat Kemanusiaan Sebelum Kekuasaan
BOP Dari Tahun ke Tahun
Kampung Digital : Program Melek Teknologi di Masyarakat
Perubahan KAMABA 2019