MASA PEREKRUTAN ANGGOTA #26

Wednesday, 22 January 14 | 06:48 WIB

Pers Suara Mahasiswa (Suma) UI adalah satu-satunya lembaga pers mahasiswa yang berada di tingkat universitas. Berdiri sejak 1992, Suma UI telah dijalankan oleh mahasiswa secara independen, bernafaskan intelektual, serta mencetak banyak prestasi. Suma UI secara konsisten menghasilkan produk pers yang banyak diminati, dibuat oleh SDM yang terdidik dan terlatih. Statusnya sebagai badan otonom menegaskan bahwa Suma UI tidak memiliki garis-garis hubungan struktur, baik dengan organisasi atau lembaga lain maupun birokrat kampus. Divisi-divisi di Suma UI antara lain

REPORTER: bertugas melakukan peliputan, penulisan, dan/atau pelaporan berita untuk setiap produk Suma UI.

MANAJEMEN MEDIA: bertugas mengelola sumber pendanaan, pemasaran, branding, dan sirkulasi setiap produk Suma UI, serta menjalankan proyek internal maupun hasil kerja sama dengan pihak eksternal.

PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN: bertugas melakukan penelitian mengenai kondisi, baik di dalam maupun di luar, lingkungan sivitas akademika UI. Hasilnya digunakan sebagai data acuan bagi setiap produk Suma UI.

FOTOGRAFER: bertugas mengabadikan peristiwa dan meliput berita dengan menggunakan medium foto untuk setiap produk Suma UI.

DESAIN, TATA LETAK, DAN PRACETAK: bertugas merencanakan dan mengeksekusi setiap tampilan visual – tata letak dan artistik – produk Suma UI dan kampanye promosinya.

VIDEOGRAFER: bertugas melakukan liputan berita berupa video dalam produk media sosial dan medium internet milik Suma UI.


Masa Perekrutan Anggota (MPA) Angkatan #26 merupakan program tahunan Pers Suara Mahasiswa UI yang bertujuan untuk merekrut anggota serta memberi pendampingan dan bimbingan kepada calon anggota baru Pers Suara Mahasiswa UI.

 



Linimasa Masa Perekrutan Anggota (MPA) Angkatan #26

  • Registrasi: 8 Agustus – 2 September 2016
  • Masa Pengumpulan Formulir: 8 Agustus – 9 September 2016
  • Wawancara: 12-17 September 2016
  • Pengumuman Tahap Satu: 19 September 2016
  • Workshop Jurnalistik: 24 September dan 1 Oktober 2016
  • Masa Pengerjaan Tugas: 24 September – 8 Oktober 2016 dan 1 – 15 Oktober 2016
  • Pengumuman Tahap Dua: 15 Oktober 2016 dan 20 Oktober 2016
  • Company Visit: 26 Oktober 2016
  • Kenal Kampus dan Mentoring: 29 Oktober 2016
  • Media Magang dan Mentoring: 31 Oktober – 11 November 2016
  • Presentasi Produk Media Magang: 12 Oktober 2016
  • Pengumuman Tahap Tiga: 14 November 2016
  • Presscamp: 19 – 20 November 2016

 


Suma UI: Regenerasi Demi Eksistensi

Pers mahasiswa identik dengan aktivitas jurnalistik yang berlandaskan idealisme dan intelektualisme untuk menguak fakta dan peristiwa yang terjadi di sekitar sivitas akademika maupun kehidupan masyarakat. Aktivis pers mahasiswa dituntut untuk mengolah daya pikir, sikap kritis, dan kreativitasnya agar bisa mengurai isu-isu krusial pada tataran kampus, regional, bahkan yang bergejolak di tingkat nasional. Melihat peran dan fungsinya yang signifikan, tak heran jika eksistensi pers mahasiswa begitu penting.

Sebagai upaya regenerasi untuk mempertahankan eksistensi pers kampus, Pers Suara Mahasiswa UI (Suma UI) mengadakan program tahunan seleksi anggota baru yang disebut Masa Perekrutan Anggota (MPA). MPA merupakan masa pembinaan dan pembelajaran sekaligus sebagai sarana praktik, agar nantinya anggota Suma UI yang resmi terpilih memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk berkontribusi di dunia jurnalistik kampus. Rangkaian kegiatan MPA berlangsung selama 2-3 bulan dan menuntut komitmen yang tinggi dari para pesertanya. Setiap tahunnya, pendaftar Suma UI mencapai angka ratusan dari berbagai angkatan di UI dan menyisakan peserta terbaik saja.

Ada tiga tahap proses seleksi yang wajib diikuti oleh peserta MPA. Di tahap awal, Calon Anggota Suma (CASU) wajib mengisi formulir pendaftaran. CASU hanya boleh memilih satu divisi saja yang dinilai sesuai dengan minat dan bakatnya serta bertanggung jawab sesuai pilihannya. Saat ini, Suma UI membuka pendaftaran untuk enam divisi , yakni Fotografer, Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Reporter, Manajemen Media (MM), Videografer, serta Desain Tata Letak dan Pracetak (DTP). Setelah formulir pendaftaran dikumpulkan, CASU akan menjalani proses wawancara. Komitmen, kepribadian, dan pengalaman CASU akan dievaluasi saat melalui proses wawancara untuk melihat kesungguhan peserta.

CASU yang lolos tahap pertama akan mengikuti serangkaian Workshop Jurnalistik untuk mendistribusikan pengetahuan dan kompetensi yang sama di antara peserta. Workshop Jurnalistik dibagi ke dalam enam kelas berbeda sesuai divisi yang ada di Suma UI. Meski begitu, diharapkan setiap CASU mengikuti seluruh kelas agar memahami tugas, peran, dan fungsi divisi lain yang ada di Suma UI. Seluruh Workshop Jurnalistik diampu oleh tokoh profesional yang telah berkecimpung di media besar nasional maupun internasional. Sebagian di antaranya adalah alumni Suma UI yang telah berkarir di media profesional.

Untuk mengakhiri seleksi tahap dua, CASU akan menjalani masa pengerjaan tugas. CASU akan diberi tugas sesuai dengan divisi yang telah dipilihnya saat registrasi lalu. Tugas ini sebagai bentuk evaluasi sekaligus implementasi atas pengetahuan yang telah didapat oleh CASU selama mengikuti rangkaian Workshop Jurnalistik.

Selanjutnya, tahap tiga akan diawali dengan kegiatan Company Visit yakni kunjungan ke salah satu media nasional atau internasional. Kunjungan ini merupakan sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman dari media level profesional yang akan berguna bagi CASU ketika telah terpilih sebagai anggota Suma UI nanti. Berikutnya, ada kegiatan Kenal Kampus. Di sini CASU akan dikenalkan secara umum beberapa instansi dan organisasi penting yang ada di UI. Tujuannya agar CASU dapat mengenal figur-figur berpengaruh serta memahami dinamika atau peristiwa penting yang pernah terjadi di lingkungan kampus UI. Selama proses kegiatan Kenal Kampus berlangsung, CASU akan didampingi oleh mentor yang berasal dari anggota Suma UI yang kompeten.

Setelah melalui rangkaian kegiatan Company Visit dan Kenal Kampus, CASU akan menjalani kegiatan terakhir di tahap ketiga, yakni Media Magang. CASU akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan dimentori oleh anggota Suma UI yang kompeten di bidangnya. Kegiatan ini merupakan simulasi kerja di Pers Suma UI, sebab tiap-tiap kelompok diminta untuk menghasilkan sebuah produk jurnalistik berupa buletin dengan editorial dan segmentasi pembaca yang jelas. Hasil kerja tim ini akan dievaluasi kelayakannya oleh seluruh anggota Suma UI untuk menentikan CASU yang lolos seleksi tahap tiga.

Puncak rangkaian kegiatan MPA adalah PressCamp. Sesuai namanya, CASU yang telah terseleksi dengan ketat akan “berkemah” di sebuah tempat di luar kota Depok. Namun, perkemahan kali ini sangat istimewa. Seluruh pengetahuan yang diperoleh dari rangkaian pelatihan akan dipraktikkan di sini. Sebab, para peserta akan diminta untuk melakukan peliputan dalam jangka waktu yang terbatas pada area tertentu. Setelah itu, mereka harus mengolahnya menjadi produk media yang bermutu dengan kerja sama dan koordinasi antardivisi. Selanjutnya, produk tersebut akan dievaluasi secara profesional oleh para anggota maupun alumni Suma UI di hari yang sama.

Pada tahap PressCamp ini, CASU akan ditetapkan secara resmi sebagai anggota baru Suma UI. Dengan demikian, anggota baru dapat berkesempatan untuk mengenal lebih jauh program dan budaya organisasi serta mengenal lebih dekat seluruh anggota Suma UI. Diharapkan para anggota baru akan dapat beradaptasi dengan nyaman dan berkarya bersama Suma UI untuk ke depannya.

Informasi lebih lanjut:

Huda 085607938900

@gabungsumaUI

@sumaUI

suaramahasiswa.com

 

 

Komentar