Mulai 1 Agustus Transjakarta Akan Layani UI dengan Gratis

Sunday, 14 July 19 | 05:24 WIB

Dengan ditandatanganinya MoU atau Memorandum of Understanding oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Moh. Anis dan Direktur Utama PT. Transjakarta, Agung Wicaksono, layanan Transjakarta akhirnya benar-benar masuk ke dalam kampus Universitas Indonesia setelah sebelumnya hanya mengakhiri perjalanan di Halte Menwa (Resimen Mahasiswa) UI.

Penandatanganan nota kesepahaman ini diresmikan pada 9 Juli 2019 dan akan berlaku mulai 1 Agustus 2019. Dikutip dari akun Facebook Direktur Utama Transjakarta, bus-bus yang tadinya hanya terminus di Halte Menwa yakni layanan 4B yang melayani Stasiun Manggarai – Menwa UI dan layanan D21 yang melayani Stasiun Lebak Bulus – Menwa UI akan diteruskan untuk berkeliling di dalam lingkungan UI. Pemberlakuan kebijakan ini untuk mendukung rencana Green Metric.

“Ini sebuah bentuk nyata, bahwa kampus tertua di republik ini berkomitmen memberikan layanan transportasi publik dan Transjakarta sebagai milik Pemprov DKI Jakarta adalah pelayan warga untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Ini juga sebuah legacy dari Rektor UI, Prof. M. Anis, untuk sebuah kampus yang semakin meningkat di dalam Green Metric untuk memperbaiki kualitas udara dan menyegarkan hutan kotanya,” terang Agung Wicaksono dalam status Facebook pribadinya.

Dalam hal tarif, akan dikenakan secara cuma-cuma alias gratis bagi mahasiswa yang akan menaikinya selama masih dalam lingkungan Universitas Indonesia. Namun, apabila ada mahasiswa yang ingin menaikinya hingga ke luar wilayah Universitas Indonesia atau sebaliknya, maka mahasiswa akan dikenakan tarif normal sebesar Rp.3500,00.

Kemudian, status dari akun resmi PT. Transjakarta di Twitter kembali memastikan kebenaran dari rencana ini. Disebutkan bahwa Transjakarta sudah memiliki rencana untuk menambah rute menuju UI. Adapun pemberangkatan awal dari Kampung Rambutan dan juga dari Margonda. Untuk pemberangkatan dari Kampung Rambutan ada dua jalur berbeda yakni ada yang melewati Lenteng Agung dan ada juga yang akan melewati Bogor. Tentu, diversifikasi layanan ini menambah opsi bagi Civitas Akademika UI yang sering menggunakan Commuter Line dari Bogor.

Dalam hal armada, kemungkinan Transjakarta akan mengerahkan tiga model armada berbeda. Pertama, armada Transjakarta bantuan Kemenhub seperti yang sering digunakan oleh layanan 4B (Stasiun Manggarai – UI). Kedua, armada Metrotrans yang memiliki lantai rendah yang sering digunakan oleh layanan D21 (Stasiun Lebak Bulus – UI), dan ketiga, ada kemungkinan menggunakan bus listrik Kalpatrans (Kalpataru Transjakarta) yang memiliki lantai rendah seperti bus Metrotrans namun menggunakan bahan bakar listrik. Rumor penggunaan bus listrik di UI ini didapatkan dari keterangan Humas Universitas Indonesia saat diwawancarai oleh SUMA UI pada hari Rabu lalu.

“Nah, terus juga kemarin kita kerja sama dengan Transjakarta. Jadi, nanti Transjakarta masuk UI secara gratis. Nah, itu juga pakai listrik dan ramah difabel karena bus ini langsung ke bawah gitu (memiliki lantai/dek rendah –red),” tukas Rifelly Dewi Astuti selaku Kepala Kantor Humas dan KIP UI.

Bagaimana, sudah siapkah merasakan bus-bus modern berkeliaran di lingkungan UI secara gratis? Tunggu tanggal mainnya!

Teks: Adrian Falah 
Ilustrasi: Adrian Falah
Editor : M. Aliffadli

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Uji Coba Sejak Minggu Lalu, Ini Rute Operasi Transjakarta di UI
Pemira UI 2019: Kebijakan Baru Terkait Sistem Pemungutan Suara dan Kriteria Calon Peserta
Nasib Bus Kuning di Universitas Indonesia
Aksi Secure Parking Jilid 2