OKK UI 2015: Ajak Mahasiswa Baru Inisiatif Berkontribusi

Saturday, 22 August 15 | 02:05 WIB

 

Jumat (21/8), mahasiswa baru program studi Vokasi, Internasional dan Paralel UI angkatan 2015 melakukan kegiatan Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI. Acara yang  berlangsung di Balairung UI  ini diselenggarakan dengan tema “Inisiatif berkontribusi untuk UI dan Indonesia”.

Menurut Muhammad Dedy selaku Ketua Pelaksana OKK UI 2015, tema tersebut dipilih agar dapat melatih mahasiswa baru untuk mulai berkontribusi dari hal-hal yang kecil.

“Kita bisa lihat dari hal-hal kecil yang sebenarnya ada di kehidupan sehari hari. Permasalahan kecil yang kita semua tahu tapi nggak semua orang peka dan melakukan tindakan konkrit untuk menyelesaikan permasalahan itu,” ujar Dedy.

Sebelum kegiatan OKK berlangsung, mahasiswa baru juga diberikan tugas yang dikerjakan bersama dalam tim yang harus beranggotakan lima orang, dari rumpun ilmu yang berbeda-beda.

Tugas kelompok tersebut berupa pembuatan program inisiatif berbentuk makalah yang berangkat dari permasalahan sosial disekitar mereka.

Selain itu, ada apresisasi kepada mahasiswa baru berupa karya terbaik dalam pengerjaan tugas OKK. Menurut Dedy, apresiasi ini penting karena dapat memotivasi mereka untuk terus mencari inovasi-inovasi. Serta, sesuai tema, berkontribusi untuk kampus UI dan Indonesia.

Perbedaan Dengan Tahun 2014

Dalam OKK tahun ini terdapat beberapa kegiatan yang berbeda dari OKK tahun sebelumnya. Salah satunya adalah pengenalan  dinamika kehidupan kampus seperti Ikatan Keluarga Mahasiswa (IKM) UI dan biaya kuliah, melalui pertunjukkan teater.

Selain penampilan teater, mahasiswa baru juga disuguhkan dengan acara talkshow dengan beberapa alumni UI sebagai pembicara. Salah satunya Imam Nahrawi, yang saat ini menjabat menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

Menurut Imam, kegiatan OKK ini sangat baik karena dapat memanfaatkan waktu yang sangat istimewa untuk mendidik mahasiswa baru agar dapat bermanfaat dan memberikan harapan bagi  UI dan Indonesia.

Imam juga berpesan pada mahasiswa baru agar dapat aktif berkontribusi, “Saya harap kepada para mahasiswa baru UI, jangan pernah menyianyiakan waktu ketika di kampus  karena kampus inilah sesungguhnya yang akan mencetak banyak pemimpin dan pelopor bagi generasi bangsa untuk masa yang akan datang.”

Ghazy Alif Ramadhan, mahasiswa baru Program Vokasi jurusan Perumahsakitan, menyampaikan pendapatnya tentang OKK UI 2015.

“Seru, bagus, dan keren! Bikin satu angkatan bisa nyatu bareng. Pembicaranya juga bagus-bagus dan menginspirasi. Aku sangat suka temanya karena mendidik kami menjadi mahasiswa yang berinisiatif berkontribusi untuk lingkungan kampus dan Indonesia.”

Riani Sanusi Putri

Foto: Mohammad Toha Santoso

Editor: Melati Suma Paramita

Komentar



Berita Terkait