OKK UI 2019 : Ragam Asa Tentukan Cita

Thursday, 01 August 19 | 07:53 WIB

Rangkaian Kegiatan dan Acara Mahasiswa Baru (KAMABA) akan berlangsung di Universitas Indonesia (UI), salah satunya adalah Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI. Orientasi kehidupan kampus atau OKK adalah pembinaan awal anggota IKM UI untuk pengubahan status keanggotaan IKM UI dari anggota biasa menjadi anggota aktif. Secara general OKK UI merupakan acara besar mahasiswa UI yang menggaet elemen – elemen yang ada di  universitas, fakultas, dan UKM untuk berpartisipasi sebagai gerbang utama dalam menyambut kedatangan mahasiswa baru Universitas Indonesia di dunia perkuliahan.

Hilmy Hammam (FMIPA 2016) selaku Project Officer (PO) OKK UI 2019 menyampaikan bahwa OKK UI memiliki tujuan untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru UI dan menjadi langkah awal mahasiswa UI 2019 untuk menentukan arah serta sebagai wadah awal mewujudkan cita yang bermanfaat.

Tahun ini OKK mengangkat tema semarak kebersamaan dan keragaman yang disimpulkan menjadi #SatuUIRagam yang sesuai dengan visi OKK UI 2019 dan memiliki tagline Ragam Asa Tentukan Cita. “SatuUIRagam dapat kita pandang, pertama dari kondisi kampus kita (UI). UI bisa dibilang miniatur Indonesia, banyak banget keragaman yang ada disini mulai dari fakultas, kehidupannya, mahasiswanya dan beragam banget cirinya juga. Kedua, mahasiswa yang masuk UI itu beragam banget semangatnya, harapannya. Dan kemudian yang ketiga, apa pun harapan dan semangat yang lo punya di kampus ini apapun fakultas dan warna makara lo ketika kita masuk UI hal yang kita lakukan membawa nama almamater kita. Jadi, walaupun ada perbedaan concern, sesama mahasiswa harus saling mendukung. Kita memaknai perbedaan ini dengan sikap toleransi,” ujar Hilmy.

Rangkaian kegiatan puncak OKK yang akan diselenggarakan pada 19 Agustus 2019 seperti mentoring, talkshow, duta OKK UI 2019, pengenalan lembaga tingkat UI, display UKM hingga dinamika dan konfigurasi angkatan diharapkan dapat menginspirasi semangat mahasiswa baru mencari jati dirinya dan diaplikasikan di kehidupannya.

Perubahan di OKK 2019

Pelaksanaan OKK UI 2019 bisa dibilang paling berbeda dari tahun – tahun sebelumnya dengan acara puncak yang hanya berlangsung satu hari. Seperti yang sudah berlangsung pada tahun sebelumnya, acara puncak OKK berlangsung selama 2 hari berturut – turut. Acara yang dipersingkat ini disebabkan oleh beberapa faktor, “Karena sistem SBM yang berubah terutama UTBK yang memakan waktu 2 bulan.  Karena waktu daftar ulangnya semakin lama maka dari itu untuk menyusun konten kamaba jadi harus disesuaikan dengan daftar ulangnya. Semakin lama KAMABA semakin lama juga selesai. Setelah agustus tidak diperbohkan kegiatan KAMABA. Dan dampaknya kena ke agenda lain yang berkaitan, salah satunya PSAF dan OKK,” terang Hilmy. Acara yang akan dihadiri oleh 8000 mahasiswa baru ini sangat mempertimbangkan waktu yang terbatas, ada beberapa konten acara yang dirasa kurang relevan dan antusiasmenya tidak tinggi akan dilebur di rangkaian acara lain.

Mengoptimalkan OKK UI Melalui Media Sosial

OKK UI 2019 berusaha menyesuaikan seluruh konten acara sesuai dengan kebutuhan mahasiswa UI 2019. Angkatan 2019 dipandang sebagai generasi Z yang tidak bisa lepas dari gadget dan sosial media. Oleh karena itu, OKK UI 2019 memanfaatkan website dan media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan youtube untuk publikasi dengan beragam konten menarik. Memaksimalkan penggunaan sosial media sebagai kanal informasi, mengajak serta menyemarakkan acara menjadi salah satu strategi untuk menyiasati acara puncak OKK yang hanya berlangsung selama sehari. Display UKM juga diperkenalkan lebih awal melalui media sosial.  Semua rangkaian akan dipublikasikan melalui website dan sosial media. Menurut Hilmy, peran sosial media sangat penting dan berpengaruh di tengah antusiasme mahasiswa baru di masa –masa ospek. Ia juga berharap sosial media OKK UI 2019 menjadi informasi pertama bagi mahasiswa dalam menjalani Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek).

Maskot dan Jingle Baru Yang Siap Menyambut Maba

Tak ketinggalan, OKK UI 2019 memiliki mascot yang bernama Oki dan Oka yang akan menemani mahasiswa baru. Maskot ini diharapkan dapat menyimpulkan benang merah yang ada di dalam kegiatan OKK 2019. Selain itu, ada jingle baru OKK yang dibuat oleh Doremipa, pemenang OKK Got Talent 2018. Jingle yang judulnya masih dirahasiakan ini tidak terkait dengan tema OKK UI setiap tahunnya dan diharapkan dapat dibudayakan di OKK UI hingga tahun – tahun selanjutnya.

 

Teks : Diena Hanifa
Foto : Istimewa
Editor : Muhamad Aliffadli

Pers Suara Mahasiswa UI 2019
Independen, lugas, dan berkualitas!

Komentar



Berita Terkait

Orientasi Kehidupan Kampus Universitas Indonesia 2019 : “ Ragam Asa Tentukan Cita “
Mikrofon sering mati, Rhenald Kasali : “Ini UI lho!”
Video: OKK UI 2014, Kolaborasi UI
OKK UI : Semangat Berkolaborasi