Orientasi Kehidupan Kampus, Menteri Keuangan RI Ajak Maba UI Peduli Sesama

Wednesday, 16 August 17 | 08:01 WIB

Hadir sebagai pembicara dalam acara Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI 2017 pada Sabtu (12/8) lalu, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan RI memaparkan tiga karakter menjadi seorang pemimpin di depan 8.000 mahasiswa baru.

Untuk menjadi pemimpin yang hebat, mantan Direktur Pelaksana World Bank itu menyatakan bahwa pemimpin yang hebat adalah orang yang peduli terhadap orang lain, berbobot, dan detail.

(Baca Juga: Angkat Tema Kerajaan, OKK UI 2017 Ajak Mahasiswa Baru Bersatu )

Pada gelar wicara, Sri Mulyani mengingatkan mahasiswa baru yang mengenyam pendidikan di UI untuk tidak bersikap individualis. Pasalnya, Sri berpandangan orang yang individualis tidak akan menjadi pemimpin.

“Orang-orang yang kayak gitu (individualis –red) tuh mayoritas, makanya orang-orang yang mayoritas tidak jadi pemimpin,” ujarnya di Balairung UI, Depok.

Senada dengan Sri Mulyani, Bambang Brodjonegoro yang juga hadir sebagai pembicara meminta mahasiswa untuk saling mengenal satu sama lain dan menumbuhkan rasa solidaritas.

Berdasarkan pengalaman, saling mengenal dan respek kepada siapapun bagi Bambang sangat penting. “Interaksi sosial itu penting, kalian ini IQ-nya tinggi. Nah, IQ (Intelligent Question -red) tinggi ini belum menjamin kesusksesan kalian kalau tidak disertai dengan EQ, Emotional Question. EQ ini salah satunya adalah memberikan respek kepada sesama,” tegas lulusan FE UI.

Di akhir gelar wicara itu, Sri Mulyani berpesan bahwa orang yang tidak peduli terhadap orang lain akan dibenci dan menyakiti banyak orang. Hal tersebut tidak akan membuat seseorang merasa bahagia.

“Menyakiti banyak orang, menghina banyak orang, enggak peduli sama orang and that’s not life, itu bukan kehidupan yang mulia jadi tidak akan membuat kamu bahagia, pasti,” tegas wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi majalah Forbes.

 

Teks: Eri Tri Anggini
Foto: Maria Julita

Komentar



Berita Terkait