Pemilu 2014: Formulir A.5 Belum Tersosialisasi Maksimal

Tuesday, 11 March 14 | 04:41 WIB

Formulir A.5 adalah mekanisme pemungutan suara yang disediakan oleh Komisi Pemilihan Umum untuk memudahkan mahasiswa perantauan menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum 9 April 2014 nanti. Namun sayang, sosialisasinya masih kurang maksimal.

Ditemui di kantornya, Ferry Kurnia Rizkiansyah, Komisioner KPU bidang hubungan masyarakat mengatakan, Formulir A.5 dibuat untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang sedang menjalankan tugas belajar di kota bukan asalnya.

“Misalnya saya tinggal di Bandung dan sedang kost di Jakarta. Saya tinggal lapor ke PPS asal saya, lalu Formulir A.5 saya daftarkan ke PPS tempat saya memilih,” ujar Ferry.

Ferry melanjutkan, untuk memberikan kemudahan, Formulir A.5 sebenarnya juga bisa diurus di KPU Kabupaten setempat.

Namun, Siti Hasanah Nurul Karimah (Ilmu Komunikasi 2010)  menyayangkan sosialisasi mekasisme Formulir A.5 yang kurang maksimal. Dia menceritakan beberapa waktu lalu dirinya sempat mengurus Formulir A.5 di PPS asalnya di Jember, Jawa Timur. Sayang ia tidak berhasil mendapatkannya karena belum mengetahui PPS mana yang akan dituju.

“Tidak ada sosialisasi yang dilakukan KPU setempat. Belum lama saya dapat informasi dari Paguyuban Mahasiswa Jember UI, kami bisa memilih dengan mengajukan KTP atau KTM di KPU terdekat, alternatifnya di KPU Jakarta,” ujar mahasiswi yang akrab dipanggil Ama ini.

Berbeda dengan Ama, Riyandi Dwiyan Suhendar (FIB 2010) mengaku dirinya lebih memilih pulang kampung untuk nyoblos. Pasalnya, sampai saat ini dirinya belum mengetahui sama sekali perihal mekanisme Formulir A.5.

Mengenai sosialisasi yang dinilai kurang ini, Ferry membantah hal tersebut. Menurutnya, KPU telah melakukan sosialisasi secara maksimal dengan sasaran utama pemilih pemula. Ia juga mengatakan, berbagai aktivitas sosialisasi telah dilakukan KPU sampai ke tingkat Sekolah Menengah Atas.

“Mengenai sosialisasi mekanisme A.5 sudah kami instruksikan ke daerah untuk dilaksanakan,” ujar Ferry.

 

Anggino Tambunan

Komentar



Berita Terkait

Dapoer Bang Jali: Resto Khas Nusantara, Harga Sesuai Kantong Mahasiswa
Gerakan Rakyat Berdaulat Tolak Pilkada Tidak Langsung
Aliansi UI untuk Demokrasi Buka Posko Tolak UU Pilkada
Tolak Pilkada Tak Langsung, BEM UI Siap Gelar Aksi Lebih Besar